Sirkuit Jaharun Center Jadi Magnet Baru di Sumatra Utara

Jum'at, 12/01/2018 09:37 WIB

mobilinanews (Medan) - Kehadiran sebuah sirkuit tentunya juga menjadi pusat keramaian bagi masyarakat setempat. Apalagi dikelola dengan profesional. Dengan penambahan fasilitas lainnya, bisa menjadi magnet menarik bagi pengguna dan pengunjung.

Itulah yang dilakukan pengelola Sirkuit Jaharun Centre yang terletak di Jalan Besar Pertumbukan, Desa Jaharun, Kec. Galang, Kab. Deli Serdang di Sumatera Utara. Inilah sebuah komplek arena bermain baru dengan berbagai fasilitas pelengkap.

Di lahan seluas 10 hektar milik Dudung Hartito, putra daerah yang ingin kampungnya maju, maka dibangunlah beberapa arena bermain. Pertama, sirkuit permanen balap 'garuk tanah' seluas 4 hektar mulai digarap sejak April 2017.

"Trek dirancang medium speed dengan panjang lintasan 1200 meter. Lalu dibuat lokasi penonton seperti model terasering, sehingga bisa menampung penonton lebih banyak dan memudahkan menyaksikan jalannya lomba pada semua lintasan," jelas Dudung Hartito, eksportir kayu berusia 44 tahun.

Meski Dudung buka usaha di Surabaya dan Gresik, namun tanah kelahirannya tetap diperhatikan. "Dia teman saya main grasstrack sewaktu SMA. Fasilitas sirkuit pun disediakan seperti toilet, musholla dan hospitality dari kontainer peti kemas," beber Syabra Buana yang dipercaya mengelola sirkuit.

Ajang balap pertama digelar April 2017. Lalu yang kedua naik status mengangkat event Kejurda Grasstrack IMI Sumut pada Oktober 2017. Kini menyasar Kejurnas Grasstrack di Region 1 Sumatera.

"Tahun 2018 ini ada dua putaran Kejurnas telah diagendakan, yakni seri pertama dan keenam," yakin Syabra.

Event ketiga siap dihelat 13-14 Januari 2018. Ini putaran pertama "Jaharun Centre Motocross Series 2018" yang dibuat 5 seri tahun ini. Pemenang pun dirangsang dengan hadiah sepeda motor untuk Juara Umum pada Kategori Junior dan Senior Grasstrack, serta MX65 dan MX250.

Nah, salutnya juga tersedia rental trail untuk main motocross dan grasstrack, serta adventure trail. Bahkan disediakan pendamping saat adventure di kawasan perkebunan dan persawahan seputaran Kecamatan Galang.

Yaps! Tak hanya sirkuit ada di Jaharun Centre yang merupakan komplek bermain untuk keluarga.

"Juga dilengkapi taman bermain, pertokoan dan food court makanan khas daerah Deli Serdang. Kami ingin jadikan sebagai tujuan wisata keluarga yang relatif terjangkau bagi masyarakat," tutur Dudung yang tentu saja didukung Bupati Kab. Deli Serdang, Ashari Tambunan karena menciptakan wisata baru. (BangVe)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine