Pertamina Libatkan Pembalap Profesional Dalam Kampanye Aman Berkendara

Jum'at, 23/02/2018 14:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) –  Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan budaya aman dan nyaman berkendara di jalan raya, PT Pertamina (Persero) mengajak pembalap Indonesia, Doni Tata dan Rifat Drive Labs menggelar acara Coaching Clinic Safety Riding hari ini di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (22/2).

Acara yang dikemas dalam bentuk sharing session melibatkan pembalap nasional. “Pengalaman malang melintang  selama ini di dunia balap akan menjadi tips yang penting dan menarik bagi pengguna kendaraan agar terhindar dari resiko kecelakaan, khususnya saat berada di jalan raya. Salah satu penyebab masih tingginya resiko di jalan raya adalah kurangnya pemahaman pengendara bagaimana cara berkendara yang baik dan aman. Banyak pengendara sepeda motor yang tidak memperdulikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” kata Vice President HSE Management System  Iwan Jatmika.

Menurut Iwan, berdasarkan data di DKI, 75 persen kecelakaan lalin melibatkan sepeda motor, dimana pada tahun 2017 menelan 331 jiwa korban meninggal. Mereka rata-rata usia 21-30 atau usia produktif, masa merintis karir. Rata-rata karena kelelahan, telah menempuh perjalanan 20-30 km. Padahal sepeda motor tidak didesain jarak jauh secara rutin.
 
"Untuk meningkatkan kompetensi dalam berkendaraan, maka diadakan coaching clinic safety riding. Berkendara sepeda motor lebih bahaya, sehingga perlu menguasai teknik berkendaraan yang baik," lanjut Iwan.

Sementara itu, menurut Heri Wahyudi Chief Trainer dari Rifat Drive Labs, safety gear harus lengkap, untuk keselamatan kita selama berkendara. Menurutnya, berkendara roda dua lebih sulit dibanding roda empat,  maka harus memiliki kemampuan mengemudi yang baik. Selain itu kondisi kendaraan juga harus prima dan jangan lupa alat pelindung diri sebagai investasi untuk keselamatan.
 
"Alat keselamatan ini masih dipandang sebagai kewajiban, belum menjadi kebutuhan, padahal itu sangat penting untuk melindungi diri," ujar Heri.
 
Dengan coaching clinic safety riding ini harapannya pengendara bisa memiliki keahlian yang memadai, sikap yang baik serta konsentrasi yang  berkesinambungan.
 
Sesi Coaching Clinic Safety Riding dilengkapi dengan praktek langsung yang melibatkan 10 peserta yang hadir. Doni Tata dan Rifat Drive Labs memberikan metode bagaimana postur berkendara yang aman dan benar serta cara pengereman yang efektif, baik pada saat normal maupun darurat.
 
“Selain teknik berkendara yang baik dan aman, hal penting yang harus diterapkan oleh pengendara adalah mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan,” tegas Heri mengingatkan. (adri)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik