MotoGP 2018 Qatar: Dovi Sementara Raja di Qatar, Suzuki Sodok Honda dan Yamaha

Sabtu, 17/03/2018 16:13 WIB

mobilinanews (Qatar) - Semakin layak Andrea Divuzioso jadi favorit juara di seri pembuka MotoGP tahun ini, GP Qatar di Sirkuit Losail. Ia borong FP1 dan 2 dengan status tercepat.

Lawan terdekatnya adalah pembesut Ducati GP18 lainnya, Danilo Petrucci dari tim Pramac Ducati. Hanya terpaut selisih waktu 0,006 alias 6/1000 detik.

Laju motornya di trek lurus sama apiknya dengan tahun lalu. Ia dapat top speed 350,7 kpj di FP2. Namun, yang bikin Dovi semakin happy karena kecepatannya saat berada di dalam tikungan sudah membaik dibandingkan sebelumnya.

"Besok (Sabtu, 17/3) kami tinggal fokus pada pilihan ban buat raceday. Itu faktor penting untuk menjalani waktu balapan sepanjang 22 laps. Tak hanya soal speed tapi juga daya tahannya," kata Dovi yang akan gunakan sesi FP4 untuk finalisasi komposisi bannya.

Dari akumulasi dua FP, tim anak bawang Suzuki bikin kejutan tersendiri di Losail. Kedua pembalapnya, Alex Rins dan Andrea Iannone, sukses menempati urutan 3 dan 5 mengapit Jorge Lorenzo (Ducati) di posisi ke-4.

Itu artinya Suzuki mulai mampu menyodok tim elit Honda dan Yamaha. Pentolan Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, berada di urutan 6 dan 7 sedangkan joki Yamaha (Vakentino Rossi dan Maverick Vinales) terpuruk di urutan 9 dan 11. Cal Crutchlow (LCR Honda)  dan Johann Zarco (Yamaha Tech3) melengkapi 10 Besar dengan urutan 8 dan 10. 

"Saya tak kaget dengan performa Suzuki. Motor mereka tampak cocok dengan karakter sirkuit Losail. Saat raceday, kedua pembalapnya bisa jadi ancaman tersendiri," komentar Dovi yang bersama Marquez menjadi favorit juara dunia 2018.

Rossi dan Marquez sama-sama belum mendapatkan setingan ideal untuk ban, terutama roda depan. Sedangkan Vinales yang juara GP Qatar tahun lalu malah terkendala di semua aspek.

Jika gagal pertajam waktu pada FP3 hari ini maka rider Spanyol itu tak bisa ikutan langsung ke Q2 melainkan harus tarung ulang di Q1 untuk perebutan dua tiket lagi ke sesi Q2 sekaligus perebutan pole position. (andro)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!