IOX Aceh Buka Kesempatan Diklat Sertifikasi Nasional Offroad

Jum'at, 20/04/2018 16:45 WIB

mobilinanews (Banda Aceh) - Bagi Penyelenggara event offroad di Tanah Air, wajib memiliki Sertifikasi Kompetensi. Tanpa mengantongi Sertifikat C1 sampai C7, jangan harap izin dikeluarkan Indonesia Off-road Federation (IOF).

Makanya, penyelenggara event, mulai dari Technical Delegate, Event Director, Race Director, Scrutineering, Kamar Hitung dan Marshall harus mempunyai sertifikat keahlian. Dan harus ikut diklat serta lulus ujian sesuai bidangnya masing masing. Diklat Sertifikasi ini diperlukan sebagai syarat semua penyelenggaraan event di bawah regulasi IOF.

Pasalnya, pelaksanaan event offroad berkualitas tidaklah gampang. Selain memerlukan persiapan matang, dana cukup, tentu perlu SDM terlatih. "Gunanya agar event terlaksana sukses dan berhasil, serta aman sesuai standar," jelas Hendrik Badu, Ketua Bidang V IOF Pusat yang konsen divisi Diklat Bina Litbang.

"Dalam waktu dekat Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Aceh Chapter mengadakan Diklat Roda 2 dan Roda 4 untuk Sertifikasi Personal Anggota IOF secara nasional. Kita adakan untuk kategori C2 dan C3 di Banda Aceh hari Kamis, 26 April 2018," yakin Musni Haffas, Ketua IOX Aceh Chapter.

Pria yang sering disapa Alex ini juga merupakan instruktur nasional pemegang sertifikat C1 IOF untuk regional Sumatra. C1 adalah Instruktur, Ahli atau Nara Sumber di bidang event yang memahami semua aturan dan regulasi. C2 yaitu buat Technical Delegate, Juri atau Pengawas. Sedangkan C3 untuk Event Director atau Pimpinan Perlombaan.

Tentunya ini jadi kesempatan yang sayang dilewatkan. "Belum tentu 5 tahun sekali dibuat diklat. Untuk Roda 2 saja, ini yang kedua diadakan setelah Manado. Dalam 4 tahun terakhir, palingan ada diklat 2-3 kali," ulas Alex. Tuh kan!

Diklat direncanakan dibuka langsung Ketua Umum IOF Pusat Askar Kartiwa. Turut hadir Ketua Umum IOX Sri Harcahyo. Keduanya keesokan harinya pada 27 April ikut melepaskan start event ultimate terbesar off-road di Aceh yakni IOX Seulawah eXpedition 3.

Nah, bagi peserta yang butuh info pendaftaran bisa kontak 0811689355 atau 081362678888. Ada 3 pemateri yang hadir. Hendrik Badu dari Jakarta, Jokowi dari Yogyakarta sebagai Instruktur khusus Roda Dua dan Alex Musni Haffas selaku Instruktur Regional Sumatera. Ayo mumpung ada kesempatan! (Bangve)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine