IIMS 2018: Kenali Teknologi Safety Honda Sekarang & Masa Depan

Jum'at, 27/04/2018 23:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bicara soal inovasi dalam hal teknologi safety, komitmen Honda layak diapresiasi untuk soal teknologi keamanan dan keselamatan berkendara. Wajar saja, karena menurut Honda, mobilitas tak ada artinya jika tidak didukung inovasi dari teknologi keamanan.

Dalam persaingan industri otomotif global, fitur safety dan tingkat keamanan mengendarai sebuah mobil sudah menjadi satu indikator utama yang membuat sebuah brand diterima di seluruh dunia.

Hal ini pula yang coba dibuktikan Honda sebagai produsen mobil yang paling terdepan dalam menghadirkan inovasi serta fitur keselamatan berkendara. Di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Honda mengusung tema Drive Sport, Live Safely yang mewakili DNA dan karakter sport Honda serta menonjolkan fitur safety Honda yang semakin canggih.

Tema “Safety” tersebut diwujudkan melalui area “Interactive Safety Zone” di booth Honda yang menampilkan berbagai informasi dan aktivitas untuk mengedukasi dan mengajak pengunjung mendukung keselamatan berkendara.  

Di area Interactive Safety Zone pengunjung dapat mempelajari berbagai teknologi keselamatan Honda yang ditampilkan di empat layar interaktif yang berisi tentang penjelasan dan video-video mengenai fitur dan teknologi keselamatan terkini yang dimiliki Honda.

Fitur-fitur safety ini bukan hanya untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman tetapi juga merupakan bentuk komitmen Honda pada keamanan dan keselamatan pengendara, penumpang, dan semua orang yang menjadi pengguna jalan.

Jika dirinci lebih jauh, ada banyak fitur safety mutakhir sudah disematkan pada produk-produk Honda yang sudah beredar di pasaran. Bahkan Honda sudah mempersiapkan seabrek fitur safety baru untuk masa depan.

Yuk mengenal fitur-fitur safety Honda:

G- CON+ ACE+ Side Impact Beam

Teknologi struktur rangka canggih untuk perlindungan maksimal ruang kabin. Teknologi G-CON untuk meredam dan menyalurkan energi benturan apabila terjadi tabrakan yang tak dapat dihindari. Struktur canggih serta rekayasa frame dapat melindungi kabin meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Serta Side Impact Beam yang dapat meredam benturan saat terkena tabrakan dari samping.

Six (6) AIRBAGS

Perlindungan menyeluruh di bagian kabin kendaraan. Saat kecelakaan terjadi airbags akan melindungi pengemudi serta penumpang.

ABS+EBD+BA

Fitur untuk menjaga kestabilan mobil dan arah mobil ketika melakukan pengereman mendadak. Fitur Anti-lock Braking System yang menggunakan sensor untuk mendeteksi objek di depan mobil, sehingga secara otomatis sistem mengatur pengereman serta menjaga jarak aman.

Vehicle Stability Assist (VSA)

Menjaga kestablian saat bermanuver. Meningkatkan keamanan berkendara. VSA bekerja secara harmonis dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan TCS (Traction Control System).

Hill Start Assist

Teknologi pengereman otomatis ketika kendaraan berhenti dalam posisi jalan yang menanjak. Fitur ini sangat berguna jika terjadi kemacetan di jalan menanjak.

Pretensioner with Load Limiter Seatbelt

Teknologi sabuk keselamatan yang dapat menahan badan pengemudi maupun penumpang. Pretensioner melindungi dan menahan tubuh lebih maksimal dan mencegah terkena benturan keras, baik dari depan atau terhempas.

360 Multi View Camera Assist

Memberikan visibiltas di seluruh sudut mobil sehingga pengemudi tak perlu khawatir dengan blind spot. Kemudahan dalam memarkirkan kendaraan. Empat kamera sudut lebar dipasang di depan, belakang dan kedua sisi kendaraan. Gambar diproses dengan perangkat lunak foto 360 dengan kualitas tinggi yang terlihat jelas di layar.

Smart Parking Assist

Kemudahan dalam memarkir kendaraan secara otomatis. Fitur ini membantu pengendara dalam memakirkan kendaraannya dengan setir yang bergerak otomatis dan menyesuaikan kondisi lokasi parkir baik secara paralel maupun mundur. Pengendara akan dipandu melalui guideline dari tampilan kamera pada layar sentuh sistem audio.

Blindspot Information

Fitur yang mampu mendeteksi bahaya dan mencegah kecelakaan dari arah belakang. Sistem peringatan keamanan, yang memberi tahu pengemudi ketika kendaraan berada di titik blind spot. Menggunakan sensor radar di setiap sisi bumper belakang, jika ada kendaraan terdeteksi oleh BSI, lampu indikator menyala dan bunyi bip akan terdengar sampai blind spot terlihat.

Cross Traffic Monitor

Fitur yang memudahkan visibilitas pengendara saat kendaraan bergerak mundur. Ini adalah fitur keamanan yang berfungsi dengan kamera cadangan Honda untuk memberi tahu jika ada kendaraan lain yang mendekat dari sudut kiri atau kanan belakang. Jika kendaraan terdeteksi, fitur ini akan memberi tahu pengemudi dengan peringatan audio dan visual. Monitor Lalu Lintas Lintas akan menampilkan panah di sisi kendaraan yang mendekat.

Lane Watch

Memberikan visibiltas dari kendaraan atau objek lain di bagian kiri kendaraan. Tampilan blind spot pada kaca spion penumpang dapat terlihat dengan sudut penglihatan tambahan sebesar 80 derajat  dan jarak maksimum sampai dengan 50 m.

 

Fitur Safety masa depan:

Collision Mitigation Braking System

Fitur ini akan memberi peringatan ketika sistem mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan di depan. Serta secara otomatis akan memberikan peringatan mulai dari audio visual, mengencangkan seatbelt, serta mengaktifkan rem secara bertahap untuk mencegah benturan.

False Start Prevention Function

Pengereman otomatis pada kecepatan kurang dari 30 km/jam untuk mencegah atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan dengan kendaraaan yang terdeteksi. Fitur ini juga bisa mencegah percepatan mendadak saat situasi pedal diinjak saat ada kendaraan terdeteksi.

Road Departure Mitigation System

Fitur ini didukung kamera untuk mendeteksi marka jalan dan memastikan pengemudi tetap di jalur yang benar. Sistem ini mampu mendeteksi garis putih atau garis kuning ataupun titik-titik garis dijalan. Jika anda menyimpang dari jalur yang seharusnya, sistem akan memberi peringatan visual serta audio serta kemudi akan bergetar. Jika tak ada koreksi sistem memastikan stir kemudi kembali ke jalur seharusnya.

Pedestrian Collision Mitigation Steering System

Fitur ini juga merupakan bagian dari fitur Honda Sensing. Fitur ini memberikan peringatan ketika pengemudi menyimpang dari jalur dan terdeteksi akan menabrak pejalan kaki. Sistem akan otomatis memutar kemudi ke arah lain untuk menghindari tabrakan.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur ACC bekerja melalui Millimeter Wave Radar pada bagian depan kendaraan yang dapat membaca jarak kendaraan di depan Anda, secara otomatis dapat mengatur akselerasi atau deselerasi tanpa harus menginjak pedal untuk mempertahankan jarak yang aman. Jangkauan radar adalah 120 meter.

Lane Keeping Assist System (LKAS)

Saat diaktifkan pada kecepatan tertentu, sensor Monocular Camera akan membantu kendaraan tetap berada di dalam jalur dengan mendeteksi marka jalan. Ketika sistem mendeteksi kendaraan melewati marka jalan, LKAS akan memberikan peringatan suara dan menambah torsi kemudi untuk membantu mengendalikan kendaraan ke jalur semula.

Lead Car Departure Notification System

Fitur ini memberi tahu pengemudi saat mobil di depan sudah bergerak maju. Radar mendeteksi modil di depan sudah bergerak ketika macet lalu memberi informasi kepada pengemudi lewat audio dan visual. 

Traffic Sign Recognition

Fitur ini sangat berguna karena mengurangi kerumitan bagi pengguna jalan. Sistem ini mengandalkan kamera yang menghadap ke depan, yang memindai seluruh rambu lalu lintas jalan di depan lalu mencatat dan meneruskannya ke panel instrumen mobil. Informasi tetap ada sampai perubahan terjadi, jadi misalkan jika pengemudi tidak yakin tentang batas kecepatannya yang harus mereka lakukan adalah memeriksa informasi yang telah dicatat oleh fitur ini. (adri)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik