Mobil Wuling Produksi Cikarang 56 Persen Local Content

Selasa, 08/05/2018 20:02 WIB

mobilinanews (Cikarang) - Pabrik SGMW Motors (Wuling Motors) yang berlokasi di GIIC Cikarang, Jawa Barat saat ini tengah menggenjot produksi untuk dua unit MPV andalan mereka antara lain Wuling Confero dan Wuling Cortez. 

Sejauh ini, konten lokal dari proses produksi di pabrik Wuling sebesar 56 persen. "Untuk konten lokal 56 persen, didominasi bagian body. Untuk Confero itu ada 34 part number konten lokal sedangkan Cortez ada 26 part number seperti kabel, kaca, ban, serta interior, sedangkan yang dari luar itu justru yang kecil-kecil," jelas Arif Pramadana, Manufacturing Director SGMW Motors di sela-sela factory visit di Cikarang, Selasa (8/5). 

Arif menambahkan untuk bagian mesin, pihaknya masih mendatangkan langsung di China. Menurutnya ada beberapa alasan salah satunya adalah butuh investasi yang sangat besar untuk memproduksi mesin. 

"Kita juga memperhatikan skala ekonominya, karena beberapa part akan lebih efisien jika datangkan dari luar dibandingkan bikin disini," sambung Arif. 

Sekedar informasi, pabrik Wuling di Cikarang memiliki kapasitas produksi sebesar 117 unit per hari. Proses produksi dilakukan dalam 15 step dengan penggabungan tenaga robot dan ketelitian SDM yang terlatih. Selain itu, di pabrik ini pula, terdapat area produksi dari 15 perusahaan yang mensuplai spare part untuk kendaraan Wuling. (adri)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!