Ini Yang Perlu Diperhatikan Agar Mobil LCGC Aman Mendaki Tanjakan

Senin, 11/06/2018 22:13 WIB

mobilinanews (Jakarta)  - Pasar mobil low cost green car (LCGC) bisa dibilang memainkan peran penting beberapa tahun terakhir yang berarti, para pemudik banyak yang menggunakan mobil berjenis LCGC.

Pereli nasional sekaligus Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar, berbagi pengetahuan seputar keamanan bagi Anda yang menggunakan mobil LCGC untuk melakukan arus mudik 2018.

Menurut Rifat, ada yang perlu diperhatikan bagi Anda pengendara mobil LCGC saat akan melalui jalanan menanjak.

“Untuk mobil LCGC yang memiliki cc cenderung kecil, problemnya ada di tenaga yang tergolong cukup minim. Apalagi Anda membawa barang bawaan yang cukup banyak atau bahkan melebihi kapasitas kendaraan,” ungkap Rifat.

Di sini hal yang harus diperhatikan bagi Anda saat melewati jalan tanjakan adalah untuk mempertahankan RPM. Dan pada mobil berjenis LCGC, kita harus tahu betul titik tenaga terkuat pada mobil tersebut ada di RPM berapa.

Rifat pun membagikan cara untuk mengetahuinya. “Cara mengeceknya cukup mudah. Saat kendaraan Anda dalam keadaan diam, injak pedal gas secara perlahan. Semakin lama, RPM akan semakin naik. Ada satu titik di mana suara mesin mobil akan berubah menjadi lebih berat."

"Perhatikan titik RPM Anda pada saat suara mesinnya berubah. Di titik itulah, mobil Anda mengeluarkan torsi paling tinggi. Torsi paling tinggi adalah RPM terbaik untuk memulai kerja berat mobil, dalam hal ini yang sedang kita bicarakan adalah saat akan melaju di tanjakan yang cukup curam,.” terang Rifat.

Untuk pasar mobil LCGC, menurut Rifat, pemanfaatan torsi di RPM yang agak tinggi ketika mobil akan start dari tanjakan, sangat perlu diperhatikan ketimbang mobil-mobil dengan cc besar yang sudah bisa memanfaatkan torsi di RPM rendah.

Apalagi seperti mobil diesel yang RPM-nya rendah sekali.

“Terakhir, cobalah Anda tanamkan pikiran untuk tidak panik saat melewati tanjakan. Yakinlah bahwa Anda bisa melaluinya. Di samping itu, Anda harus tetap meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana teknik-teknik mengemudi yang penting bagi Anda,” pungkas Rifat.

Selamat mudik ya guys. (budsan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine