Toyota Energy Observer, Kapal Laut Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Senin, 09/07/2018 08:50 WIB

mobilinanews (Brussels) – Sukses menerapkan teknologi Hidrogen pada kendaraan penumpangnya, Toyota mencoba mengaplikasikannya pada alat transportasi laut yang dinamakan Toyota Energy Observer/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Energy Observer.

Toyota Energy Observer/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Energy Observer digadang sebagai kapal laut bertenaga hidrogen otonom pertama di dunia yang diluncurkan di Prancis tahun lalu. 

Kapal laut ini menjalankan sebuah misi yang berjangka enam tahun untuk menguji dan mengamati kinerja dari dari sumber energi terbarukan.

Dukungan dari Toyota Europe/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Europe, Toyota Energy Observer/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Energy Observer direncanakan menjadi kapal pertama yang menyelesaikan rute pelayaran mengelilingi dunia dengan memanfaatkan hidrogen.

Saat ini, Toyota Energy Observer/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Energy Observer berada di laut Mediterania dan akan bertolak menuju Eropa Utara tahun depan. Rencananya akan tiba di Tokyo saat berlangsungnya Olimpiade 2020.

Dibandingkan penggerak bertenaga listrik yang menggunakan penampung baterai eksklusif, Toyota Energy Observer/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Energy Observer mendapatkan keuntungan bobot 50 persen lebih ringan. 

Selain itu hidrogen diklaim menjadi solusi mengatasi masalah pasokan energi yang kerap terputus baik di darat maupun di laut.

Toyota telah merintis teknologi hidrogen selama 20 tahun terakhir. Lewat berbagai pengujian mendalam untuk memastikan hidrogen dapat bekerja sebagai alternatif bahan bakar yang praktis. 

Hidrogen memungkinkan pengisian bahan bakar yang cepat dan punya jangkauan jarak tempuh yang signifikan. 

Apalagi Hidrogen turut mendukung pengalaman berkendara bebas emisi yang telah banyak digunakan untuk menggerakkan kendaraan darat seperti mobil, bus dan truk. 

Toyota semakin inovatif. (anto) 
 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine