Teknologi Keselamatan Aktif Toyota ini Cegah Mobil Kehilangan Kendali

Jum'at, 20/07/2018 16:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pada mobil terkini, mulai banyak disematkan fitur kontrol stabilitas elektronik yang mulai ditetapkan sebagai sistem keselamatan aktif yang wajib dimiliki mobil-mobil terbaru di sejumlah negara.

Dikutip dari laman resmi Toyota Indonesia, berdasarkan laporan badan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) teknologi kontrol stabilitas elektronik dapat mengurangi  kecelakaan. 

Khususnya kecelakaan akibat kehilangan kendali hingga 35 persen, bahkan pada SUV berkurang hingga 67 persen.

Kendaraan sering kali kehilangan kendali ketika kecepatan kendaraan terlalu tinggi atau ban kehilangan traksi saat menikung.

Manuver menghindar secara tiba-tiba juga dapat membuat kendaraan menjadi oleng dan sulit dikendalikan.

Nah, teknologi keselamatan aktif di Toyota ini dapat cegah mobil kehilangan kendali

Toyota telah menerapkan sistem kontrol stabilitas yang dinamakan Vehicle Stabilty Control (VSC) di hampir semua produk terbarunya.

Fungsi VSC untuk menjaga kendaraan menikung dengan terkendali saat mengalami understeer, dimana mobil tetap bergerak lurus meskipun setir sudah dibelokkan maupun oversteer, ketika mobil berputar tidak terkontrol.

Ada empat komponen penting pada VSC, yaitu sensor sudut setir, sensor tingkat kestabilan, sensor akselerasi lateral dan sensor kecepatan pada roda.

VSC akan bekerja ketika kendaraan terdeteksi mengalami understeer saat akan menikung ke kiri, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda kiri belakang sehingga kendaraan akan berputar ke kiri.

Sementara ketika mobil terdeteksi mengalami oversteer, komputer akan memberi pengereman pada roda depan sisi terluar agar kendaraan tidak berputar secara liar.

Komputer juga dapat mereduksi tenaga mesin jika pengereman intensif pada salah satu roda saja tidak cukup.

Namun VSC tidak dapat bekerja efektif jika tidak didukung kondisi ban yang prima.

Penggantian ukuran ban di luar rekomendasi pabrik dapat mengganggu keakuratan perhitungan komputer yang menjadi manajemen VSC.

Wah, jadi engga ragu kalau sudah ada VSC di mobil Toyota terbaru. (anto) 
 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!