Penjualan MPV Laris Manis di GIIAS 2018, Hanya Daihatsu Xenia yang Jeblok

Selasa, 21/08/2018 13:19 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Ajang pameran otomotif tahunan GIIAS 2018 yang diklaim terbesar di Indonesia sejatinya adalah ‘perang’ teknologi dan inovasi antar pabrikan otomotif yang berujung pada penjualan.

Harapannya, di ajang yang hingga kini belum diketahui jumlah total pengunjungnya ini dapat mendulang angka penjualan yang gemilang.

Pada kategori mobil keluarga yakni segmen low MPV biasanya dijadikan tolok ukur keberhasilan dari sejumlah pabrikan otomotif yang memasarkan model terbarunya di segmen ini.

Dari data yang dihimpun Mobilinanews, tercatat ada lima agen pemegang merek besar yang turut menikmati manisnya penjualan MPV, meski beberapa diantaranya mengaku masih di bawah target bahkan tidak pasang target.

Mitsubishi dengan Xpander –nya mampu membukukan 2.689 unit, sementara Suzuki yang baru saja memperkenalkan All New Ertiga mendapat sambutan baik dengan pencapaian 659 unit.

Pendatang baru asal Tiongkok, yakni Wuling yang punya dua model MPV, meski baru eksis setahun berjualan sanggup menjual Confero sebanyak 381 unit dan Cortez di angka 245 unit.

Bagaimana dengan sang jagoan lama? Meski minim penyegaran, ternyata Toyota Avanza mampu mencetak angka penjualan sebanyak 1.105 unit.

Namun, kondisi ini berbalik jauh dibanding ‘saudara kembar’nya yakni Daihatsu Xenia. Meskipun menyodorkan penyegaran dalam kemasan ‘special edition’, nyatanya tak mampu mendongkrak penjualannya.

Selama 11 hari pameran berlangsung, Daihatsu Xenia hanya membukukan penjualan sebesar 13% dari total penjualan 716 unit untuk seluruh model yang dipamerkan.

Artinya, secara kalkulasi Daihatsu Xenia hanya terjual 93 unit saja di GIIAS 2018.

Minimnya inovasi dan model yang sudah jenuh bisa menjadi salah satu faktor penurunan angka penjualan. (anto)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine