MotoGP 2018: Alasan Safety, Sistem Drainase Silverstone Terus Dibenahi

Minggu, 26/08/2018 15:01 WIB

mobilinanews (Silverstone) - Sistem drainase di Sirkuit Silverstone, Inggris terus di maksimalkan jelang race MotoGP Inggris, Minggu (26/8). 

Cuaca hujan memang menjadi kendala di Silverstone, bahkan hujan deras saat FP4 menjadi penyebab kecelakaan beruntun di Tikungan 7 salah satunya menimpa Tito Rabat yang cedera patah tulang kaki. 

 

Karena alasan safety, pihak penyelenggara harus memperbaiki drainase untuk mengurangi genangan air di lintasan. 

 

Prakiraan cuaca juga diprediksi bakal turun hujan. Sehingga jadwal balap dimajukan menjadi 11:30 waktu setempat atau pukul 17:30 WIB. 

Race Director MotoGP, Mike Webb mengatakan tikungan 7 dan 8 sebagai tempat terburuk untuk akumulasi air karena area itu baru-baru ini diaspal ulang. Namun ia menambahkan, bahwa mengubah camber dari tikungan tidak mungkin dapat menyelesaikan masalah.

Alhasil, MotoGP akan melakukan pemotongan tarmac di kedua tikungan tersebut serta tempat lain yang dianggap bermasalah dalam upaya untuk menghentikan pembentukan sungai di lintasan. 

“Masalahnya, jika saya bisa menggunakan beberapa contoh lain, hujan deras di Motegi, kemudian hujan deras di Qatar:ñ itu adalah masalah drainase di mana air dari luar masuk ke trek," 

“Masalah yang kami hadapi di Tikungan 7 dan sampai batas tertentu Tikungan 8 adalah drainase alami dari air di trek menempatkan air di satu tempat bukan di luar lintasan," beber Webb. 

Diharapkan dengan memotong tarmac maka air bisa mengalir sehingga tidak berkumpul menjadi genangan. (adr)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!