F1 Italia 2018: Indikasi Lakukan Pelanggaran, Romain Grosjean Didiskualifikasi

Senin, 03/09/2018 11:45 WIB

mobilinanews (Italia) - Pembalap Haas F1 Team, Romain Grosjean harus menerima pil pahit di balapan Grand Prix Italia yang berlangsung Minggu (2/9) di Sirkuit Monza.

Grosjean sebenarnya menyentuh garis finish di posisi keenam, namun ia harus didiskualifikasi setelah tim Renault langsung melayangkan surat protes kepada delegasi teknis F1 dari FIA perihal kejanggalan lantai mobil VF-18 yang dikemudikan Grosjean.

Steward kemudian mengumumkan hasil investigasi dan menyatakan bahwa mobil milik Haas tersebut telah melanggar aturan/regulasi.

"Mobil nomor 8 diketahui tidak memenuhi Artikel 3.8.1 d dan klarifikasi yang telah diberikan dalam TD/033-18 yang diterbitkan pada 25 Juli 2018," ungkap FIA.

"Permukaan yang terbentuk dari semua komponen di bidang referensi harus memiliki radius 50 mm (+/- 2 mm) di setiap ujung depannya ketika dilihat dari bawah mobil. Ini berlaku untuk semua permukaan yang telah ditentukan," jelas pengumuman FIA.

Sementara itu, bos Haas F1, Gunther Steiner berencana akan mengajukan banding perihal keputusan ini.

"Kami tidak setuju dengan keputusan steward yang menghukum tim kami. Kami yakin hasil finis keenam di GP Italia seharusnya dipertahankan. Kami mengajukan banding," tegasnya. (adr)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik