Pakai Dual VVT-i, Mesin Grand New Avanza Lebih Bertenaga dan Tetap Irit

Selasa, 11/09/2018 16:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Grand New Avanza dan Grand New Veloz terbaru dibekali pilihan mesin baru yaitu 1.3 Liter dengan kode 1NR VE dan 1.5 Liter berkode 2NR-VE. 

Kedua mesin ini telah dilengkapi teknologi Dual VVT-i yang telah terbukti performanya pada sejumlah model terkini Toyota, sehingga Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Grand New Avanza menjadi lebih bertenaga dan tetap irit.

Kelebihan mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i ini dapat mengatur timing katup intake manifold dan katup exhaust secara komputerisasi (ECU) berdasarkan rangkuman sensor yang ada. 

Diantaranya sensor RPM, kecepatan berkendara, suhu udara dan lainya. Pada proses kerjanya katup intake dan exhaust pada dual VVT-i memiliki banyak kemungkinan waktu terbuka dan tertutup secara bersamaan. 

Penggunaan injektor baru yang memiliki 8 lubang berdiameter kecil membuat lebih hemat bahan bakar. 

Injektor ini memyemprotkan butiran bensin ke mesin secara tepat, sehingga proses pembakaran lebih mudah dan efisein.

Mesin lebih awet dengan busi iridium, Kelebihannya adalah percikan bunga api besar, sehingga pembakaran semakin lebih baik. 

Penggunaannya pun lebih tahan lama mencapai 100.000 KM atau 5 tahun pemakaian.

Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Grand New Avanza dan Veloz sudah menggunakan drive by wire, pada prosesnya pedal gas tidak dihubungkan dengan kabel ke mesin, tetapi menggunakan sensor di pedal yang mengirim sinyal ke mesin.

Dengan drive by wire masuknya bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan debit udara yang masuk. Jadi udara dan bensin akan masuk keruang bakar akan seimbang dan tentu membuat bbm lebih efisien.

Performa torsinya dan power cukup besar di segmen 1.3 Liter, mesin NR menghasilkan tenaga maksimum 96,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm, torsi maksimum 12,3 kg.m pada 4.200 rpm. 

Pada mesin 1.5 Liter power maksimum tidak ada perubahan yaitu 96,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm, namun mempunyai torsi yang lebih baik mencapai 13,9 kg.m pada 4.200 rpm.

Pada panel spidometer ada fitur indikator ECO yang berguna memberikan tanda saat mengemudi.

Bila kecepatan dan putaran konstan berada di bawah 4.000 rpm maka indikator berwana hijau akan menyala, menandakan mengemudi secara hemat BBM. (anto)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!