Pakai Mesin 1.200 cc, Datsun CROSS Lebih Bertenaga dan Efisien

Sabtu, 15/09/2018 09:01 WIB

mobilinanews (Sentul) – Tim Mobilinanews berkesempatan menguji  Datsun CROSS di area Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Datsun CROSS dibekali mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.200 cc yang performanya lebih bertenaga dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. 

Tenaganya mencapai 78 HP untuk penggunaan transmisi otomatis CVT dengan torsi sebesar 104 Nm, apalagi bodinya yang ringan dan ringkas membuatnya terasa ringan saat melaju. 

Mesin ini telah diakui dan terbukti kehandalannya selama bertahun-tahun pada ribuan model mobil produksi Nissan dan Datsun.

Untuk Datsun CROSS beberapa perubahan penting telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi thermal dan mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan lebih jauh. 

Teknik yang digunakan mencakup circular bore honing untuk menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum, sementara pompa oli dan air dengan gesekan rendah mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan. 

Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil, semua ini membantu meningkatkan efisiensi pembakaran.

Mesin menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis CVT yang dengan mulus membuatnya melaju secara signifikan. 

Nissan sebagai perusahaan induk Datsun, telah menggunakan teknologi continuously variable transmission (CVT) sejak 1992.  

Datsun menawarkan X-Tronic CVT yang tak hanya halus dalam berkendara, namun juga hemat bahan bakar dengan kinerja yang lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional. 

Penggunaan pulley yang lebih kecil dan sub planetary gear secara bersamaan menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif dari titik awal dan pada kecepatan rendah.

Ditambah efisiensi bahan bakar yang tinggi pada kecepatan tinggi berkat low engine revs yang dibutuhkan untuk rasio gear yang lebih panjang. 

Kombinasi perubahan gigi yang ringan dan mulus membantu dalam memberikan performa yang bertenaga, serta penghematan bahan bakar menjadikan transmisi otomatis CVT ini sangat pas diadopsi Datsun CROSS. (anto)

TERKINI
Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak! Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir