MOBIL STORY: Forte (L200) 1978, Generasi Pertama Pikap Mitsubishi

Rabu, 19/09/2018 07:31 WIB

mobilinanews (Tokyo) – Generasi pertama pikap mitsubishi dimulai pada 1978. Pada masa ini ada permintaan yang besar di pasar Amerika Utara.

Yaitu kebutuhan akan sebuah truk pikap kecil yang dapat digunakan untuk berkendara sehari-hari ke sekolah dan bekerja, juga untuk rekreasi.

Mitsubishi Motors mulai memperkenalkan truk pikap 1 ton pertamanya dengan nama FORTE pada September 1978, dan mulai mengekspor ke Amerika Utara pada bulan Oktober.

Nama FORTE diambil dari bahasa Italia yang bermakna “kuat”. Prototipe kendaraan ini melewati serangkaian uji ketangguhan yang dilakukan di Amerika Utara, Thailand, dan Arab Saudi untuk memastikan kehandalannya.

Sekitar 657.000 unit kendaraan diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan sebagian diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand.

Desain dari model ini mengambil contoh dari sedan kompak GALANT Σ, dengan hidung yang panjang dan air-dam yang pertama kali digunakan pada truk, dan empat lampu depan yang berbentuk bulat.

FORTE ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter dan 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan mesin bensin 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lainnya. Mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk ekspor umum.

Dengan lebar 1.360mm dan wheelbase 2.780mm untuk memastikan stabilitas pengandaraan yang luar biasa.

Rangka yang digunakan juga sangat canggih untuk sebuah kendaraan komersial, dengan rem cakram pada roda depan, suspensi depan menggunakan double wishbone/coil spring, dan per daun serta rigid axle pada bagian belakang.

Interior yang sangat kedap dihasilkan melalui pendekatan tanpa kompromi pada performa NVH, termasuk dengan penggunaan prop shaft 2 bagian dan penggunaan material segel yang ditempatkan dengan sangat baik.

Pengaruh Mitsubishi Motors dengan pengalaman bertahun-tahun memproduksi Jeep, dan penambahan sistem penggerak 4WD part time yang baru dikembangkan yang disambungkan langsung dengan silent chain.

Sistem ini mereduksi kebisingan gear dan tenaga yang hilang, serta memungkinkan pengendaraan kecepatan tinggi.

Model ini merupakan pendahulu dari model 4WD Mitsubishi Motors, seperti PAJERO/MONTERO dan DELICA.

Generasi pertama ini jadi bukti kesuksesan Mitsubishi memproduksi dan menjadi pabrikan yang turut diperhitungkan di segmen pikap. (anto)

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara di Sirkuit Jerez OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024