F1 Akan Memperkenalkan Format Baru Kualifikasi

Selasa, 02/10/2018 18:33 WIB

mobilinanews - FIA tengah mempertimbangkan untuk memperkenalkan format kualifikasi Formula 1 yang baru untuk musim 2019 mendatang.

Format baru kualifikasi ini nantinya dibagi menjadi empat babak. Empat mobil akan tereliminasi di Q1, Q2, dan Q3. Di sesi akhir (Q4) hanya disediakan untuk 8 pembalap.

Hal ini di bahas dalam diskusi FIA bersama Group Strategi F1. "Usulan ini datang dari F1," ucap direktur balap, Charlie Whiting.

"Mereka sudah melakukan banyak penelitian dengan melibatkan fans, dan mereka berpikir bahwa ini adalah salah satu yang diinginkan fans. Sesi menjadi dipersingkat, begitu juga dengan jeda antara sesi. Empat pembalap tereliminasi dari Q1, empat lagi di Q2, empat lagi di Q3, jadi sisanya delapan. Secara pribadi saya menilai ide tersebut cukup bagus, tapi keputusan akhir tidak berada di tangan kami," lanjutnya.

Sejauh ini masih berbentuk usulan, sehingga untuk detail-detail lain seperti alokasi ban belum dirumuskan. "Untuk berikutnya kami ingin membahas apa yang diperlukan mengenai alokasi ban. Saya tidak ingin berapa lama durasi Q4, jika tidak salah 10 menit. Jadi apakah pembalap perlu melakukan dua percobaan dengan dua set ban di Q4. Itu harus diperhatikan lagi," bebernya.

Tujuan dari perubahan ini adalah untuk membuat kualifikasi semakin sulit diprediksi karena pembalap unggulan harus membukukan waktu terbaik mereka tiga kali untuk bisa lolos ke babak pamungkas. (adr)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine