Mendesain Lay Out Sirkuit Sentul Butuh Waktu 6 Bulan, Renovasi 1 Tahun

Kamis, 18/06/2015 22:22 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Apa saja dari Sirkuit Sentul yang harus direnovasi? Selain bagian lintasan sepanjang 3,986 km, juga bagian pit. Menurut Hermann Tilke, desainer sirkuit paling terkemuda di dunia, bangunan pit yang ada di sirkuit Sentul itu terlalu sempit dan ketinggalan zaman.

Sentul saat ini memiliki 50 buah pit dengan ukuran masing-masing 8 x 5 meter. Tapi untuk kebutuhan tim MotoGP saat ini diperlukan 53 pit dengan 90 pebalap.

“Harus diubah atau ditambahkan untuk pit. Desain pit yang bagus sebaiknya mewakili negara yang tropis, cantik dan khas Indonesia. Karena MotoGP mengcover seluruh sirkuit melalui tayangan TV global ke seluruh dunia. Kalau bagus tentu sebuah promosi yang luar biasa,” ujar Tilke.

Namun untuk renovasi pit, bisa dilakukan dengan memanjangkan pit yang sekarang. Jadi akan memakan areal parkir yang ada. Saat ini, 1 pit hanya bisa dipakai buat 2 tim. Jika diperpanjang, bisa untuk 3 tim.

Setelah melakukan survey pada Selasa (16/6) sore itu di sepanjang sirkuit Sentul, Tilke yang mendesain sirkuit F1 di Sepang (Malaysia), Shanghai (Cina), Istanbul (Turki) hingga sirkuit di Bahrain menganggap Sentul tidak perlu memiliki 11 tikungan. Sepuluh tikungan bisa sangat menantang.

Untuk membuat desain ulang sirkuit Sentul secara detil, Tilke membutuhkan waktu 6 bulan. “Ya, dia bilang perlu waktu 6 bulan. Sedangkan untuk pelaksanaan renovasi sirkuit Sentul perlu sekitar 1 tahun,” ujar Irawan Sucahyono, adviser sirkuit Sentul kepada mobilinanews.

Maka itu dibutuhkan kerja keras, cepat dan tidak boleh meleset jika Sentul ingin menggelar MotoGP tahun 2017. Dengan asumsi desain lay out sirkuit selesai di tahun ini, tahun 2016 pelaksanaan renovasi dan 2017 dipakai ajang MotoGP. (Bersambung)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok