Ketum IOF Bakal Hadiri Berau 4x4 Tropical Challenge di Borneo

Rabu, 28/11/2018 07:44 WIB

mobilinanews (Balikpapan) - Inilah ajang offroad yang tengah dinantikan offroader di akhir tahun 2018. Event bertitel Berau 4x4 Tropical Challenge 2018 bakal digelar selama 11 hari, 6-16 Desember menempuh rute Balikpapan ke Berau.

Ajang ekspedisi offroad dengan kendaraan four wheel drive ini mengusung tagline "The Ancient Forest" yang berarti hutan kuno. Apalagi hutan hujan tropis Kalimantan dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia. 

Salah satu tantangan peserta adalah melintasi pegunungan Karst Sangkulirang Mangkalihat yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Luas kawasan Karst mencapai 3.642.860 hektar, terbesar di pulau Borneo.

"Tak hanya sekedar ekspedisi, peserta juga melakukan interaksi sosial, menggali lebih dalam potensi keindahan alam dan budaya masyarakat dengan segala keragaman, serta keunikannya," beber Gatot Koco, Ketua Pengurus Cabang Indonesia Offroad Federation (Pengcab IOF) Balikpapan yang menjadi Ketua Penyelenggara.

Beratnya tantangan medan yang akan dilalui peserta, panitia menetapkan spek wajib kendaraan. Mulai dari winch harus sesuai dengan berat kendaraan. Recovery kit sesuai kualifikasi. Camping gear dan logistik harus lengkap dan cukup, termasuk Tracking GPS. Tak ketinggalan tool kit dan fast moving spareparts tersedia plus obat-obatan pribadi.

Menariknya, semua kendaraan menggunakan warna sama yakni Hijau BTC Oracal 651-063 atau Lime Tree Green. Panitia telah membuka registrasi peserta sejak lama. "Bebas uang pendaftaran. Hanya perlu garansi uang senilai Rp.2,5 juta dan akan dikembalikan," jelas Fion Kamil yang bertindak selaku Technical.

Menariknya, Ketua Umum IOF Pusat yang baru saja terpilih, Irjen Pol H. Sam Budigusdian bakal hadir di lokasi. "Suatu kehormatan beliau bisa datang langsung. Kehadiran Ketum IOF bisa sebagai penambah semangat peserta," pungkas Gatot Koco yang baru saja ketemu Ketum IOF Pusat.

Siplah! (bangve)

 

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!