Seri Kedelapan MotoGP 2015: Last Saturday at Assen

Sabtu, 27/06/2015 13:24 WIB

mobilinanews.com (Belanda) - Valentino Rossi akan catat sejarah pada Last Saturday at Assen. Sudah Puluhan Tahun MotoGP dilaksanakan di Assen pada hari Sabtu. Tak ada balap kelas dunia dilaksanakan pada hari Sabtu kecuali di Assen. Assen adalah desa kecil sekitar 150 km dari Amsterdam. Karena sebagian besar penduduk Assen beragama Nasrani yang hars ke gereja pada hari Minggu. Maka lomba moto GP dilaksanakan pada hari Sabtu.

Namun minggu lalu sudah ada kesepakatan antara pemerintah setempat dengan Dorna selaku penyelenggara MotoGP bahwa mulai tahun depan penyelenggaraan MotoGP di Assen dilaksanakan pada hari Minggu, sehingga lomba sore ini di Assen merupakan The Last Saturday Race.

Secara kebetulan pada Qtt kemarin siang, Rossi keluar sebagai pemegang Pole Position. Sehingga Rossi mempunyai kans besar untuk menorehkan sejarah sebagai Champion of The Last Saturday Race at Assen.

Assen sendiri merupakan sirkuit yang sulit ditaklukan, banyak juara dunia yang pernah mengalami kecelakaan di Assen. Bahkan Juara Dunia 3 kali berturut turut Wayne Rainey, juara duni tahun 90-92 harus berhenti dari kariernya karena mengalami catat seumur hidup karena kecelakaan di Assen pada tahun 1993. Semenjak itu Assen menjadi momok bagi para pembalap.

Hanya sore nanti Rossi harus berjuang sendiri, karena team mate-nya Lorenzo start dari posisi 8. Rossi akan menghadapi serbuan dari Suzuki dan Honda yang akan start pada posisi 2 dan 3.

Strategi sekaligus kelemahan Rossi adalah tidak terlalu serius pada lap-lap awal. Jika hal itu dia lakukan maka akan jadi bumerang karena sulitnya menaklukan sirkuit Assen.

Kelebihan Yamaha adalah mempunyai dapur pacu yang selaras dengan suspensinya sehingga sangat cocok untuk karakter sirkuit Assen. Semoga Rossi dapat melejit dari Lap pertama sehingga dapat menang dalam lomba sore ini sekaligus mencatat sejarah baru

Sebagai info tambahan bahwa cuaca juga sering tidak bersahabat di Assen. Hujanlah penyebabnya banyaknya kecelakaan di Assen. Termasuk kecelakaan yang dialami oleh Wayne Rainey.

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik