Mitsubishi Berikan Tips Menerabas Genangan Air di Musim Hujan

Senin, 03/12/2018 15:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Tentunya diperlukan sejumlah persiapan sebelum berkendara.

Mitsubishi berikan tips menerabas genangan air yang kerap ditemui di musim hujan. Pertama adalah memahami karakter dan kondisi mobil, serta memperkirakan seberapa dalam genangan air yang akan dilibas.

Mobil-mobil berjenis SUV seperti Pajero Sport tentunya tidak ragu untuk menerabas genangan karena punya keunggulan ground clearence yang tinggi dibanding jenis mobil lain misalkan sedan atau city car.

Meski terkesan aman dari genangan, tetap harus diperhatikan beberapa komponen seperti filter udara, pastikan posisinya tidak kemasukan air yang diakibatkan oleh gelombang atau riak air.

Kalau sampai filter udara terendam itu bisa menyebabkan water hammer, dimana kondisi air masuk ke ruang pembakaran dan tentunya bisa merusak mesin.

Kemudian pastikan kendaraan melaju dengan kecepatan rendah dan gunakan gigi transmisi rendah pada transmisi manual dan pada transmisi otomatis saat menerabas banjir. 

Khusus transmisi manual, hindari juga posisi setengah kopling ataupun mengocok gas dalam genangan karena berpotensi menimbulkan gelombang atau riak air.

Jika ternyata ketinggian air melebihi batas aman dan menyebabkan mobil mogok, Mitsubishi menyarankan jangan pernah untuk mencoba menyalakan mesin mobil lagi. 

Karena dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Kemudian jika berhasil melewati genangan air tersebut, segera periksa kondisi rem apakah tetap optimal dengan metode sederhana. 

Caranya, jalankan kendaraan dengan kecepatan rendah, sekitar 5 km/jam, injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisinya prima. 

Usai melintasi banjir bukan berarti masalah selesai, Mitsubishi menyarankan agar segera periksa kendaraan di bengkel resmi Mitsubishi Motors supaya kinerja mobil tetap maksimal. (anto)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine