Sirkuit Marido Tabalong di Kalimantan Selatan Terus Dikembangkan

Kamis, 13/12/2018 15:40 WIB

mobilinanews (Banjarbaru) - Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Tabalong terus mengembangkan Sirkuit Marido. Berbagai fasilitas pendukung disiapkan agar sirkuit balap permanen pertama di Kalsel itu bisa digunakan.

"Secara fisik wujud sirkuit telah ada. Hanya saja perlu dikembangkan agar menjadi sirkuit yang representatif dipakai buat kejuaraan balap motor. Seperti penambahan panjang lintasan," buka Edy Sudarmadi, Ketua Pengprov IMI Kalimantan Selatan.

Sirkuit Malido berada di Kabupaten Tabalong yang dikelola Pemkab setempat. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani melalui konsultan yang ditunjuk tengah mengembangkan panjang lintasan sesuai standar nasional. Termasuk fasilitas pendukung lainnya seperti paddock dan tribun penonton.

Dalam perencanaan, panjang lintasan Marido yang sebelumnya hanya 1.200 meter ditambah menjadi 1.850 meter. Sedangkan lebar trek ditambah antara 10-15 meter dengan run off sekitar 5-6 meter.

Jika perubahan itu selesai membuat Sirkuit Marido layak dipakai menjadi venue balap motor sport 150cc hingga 250cc. Namun, meski panjang ditambah mengelilingi danau kecil yang berada di samping, lay-out sirkuit yang sepintas mirip Sentul itu tidak banyak berubah.

Terakhir Sirkuit Marido digunakan pada seri terakhir Kejurnas Motoprix Region IV Kalimantan 2018. Disinilah ide Bupati untuk melakukan peningkatan sirkuit. Keinginan ini pun langsung direspon Pengprov IMI Kalimantan Selatan.

"Kita sudah meminta PP IMI melakukan track inspection ke Marido. Sudah ada delegasi dari PP IMI yang datang, yakni Wakil Ketua Umum Bidang Olahraga Sepeda Motor, Medya Saputra, dan Ketua Komisi Olahraga Sepeda Motor, Donny Mahardhono pada 23 November lalu," beber Edy Sudarmadi.

Proyek pengembangan bakal dimulai Tahun Anggaran 2019 menggunakan APBD Tabalong. "Pengerjaan dilakukan bertahap setiap tahun dengan skala prioritas hingga 2020. Selama proyek berlangsung, Marido tetap bisa digunakan menggelar balapan," terang Agus Saihu, Ketua Bidang Olahraga Sepeda Motor Pengprov IMI Kalsel.

Nah, tentu saja ini bakal menjadi sebuah sirkuit kebanggaan masyarakat di Kabupaten Tabalong dan Kalimantan Selatan secara umum. Kejuaraan terdekat yang diadakan yakni "Open Race Tabalong Kejuaraan Motor Balap 2018" dalam rangka HUT Tabalong ke-53 tahun. Waktunya Sabtu dan Minggu, 22-23 Desember 2018 dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor. Mantap! (BangVe) 

 

Lay out Sirkuit Marido, Kabupaten Tabalong

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!