Kejurnas Gokart 2019 Dengan Mesin Rok & X30, Ini Penjelasannya (Bag 1)

Senin, 31/12/2018 13:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Setelah 3 tahun Kejurnas Gokart menggunakan mesin Rok, maka tahun 2019 akan ditambah dengan mesin X30. Maksudnya, pegokart diperbolehkan menggunakan mesin Rok ataupun X30.

Siapa yang mendapat point tertinggi di akhir musim berhak menyandang predikat sebagai Juara Nasional.

Bagaimana cerita yang benarnya? Menurut Ade Satya, yang menjadi Promotor Nasional (Pronas) dari ESHARK Motorsport adalah didasari perkembangan gokart yang dinamis baik di Asia maupun dunia.

“Kebetulan, pihak X30 sudah duduk bersama dengan ESHARK. Bagai gayung bersambut, setelah diskusi dengan tim inti ESHARK dan beberapa teman komunitas gokart Indonesia, akhirnya kami setuju  X30 masuk ke salah satu mesin yang dipergunakan di ESHARK,” ujar Ade Satya kepada mobilinanews.

Sebelum diputuskan kedua mesin ini berhak mengisi slot Kejurnas, lanjut Ade Satya, tentu pihaknya minta izin kepada IMI Pusat sebagai induk organisasi bermotor Indonesia.

Secara performa Mesin, menurut dia, keduanya hampir setara. “Kalau X30 itu lebih kuat di bottom (RPM putaran bawah), namun menengah ke atas kurang.

Sebaliknya, Rok kurang di bottom tapi kuat di RPM putaran menengah ke atas,” lanjut Ade Satya.

Nah, para pegokart pada dasarnya memiliki perbedaan 2 karakter tersebut. Demikian pula para mekaniknya, Merasa ada yang lebih cocok dengan karakter mesin Rok, namun juga ada yang lebih sreg dengan Karakter Mesin X30. (budsan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine