Kombes Ipung Purnomo: Tips Riding Pakai Moge

Senin, 25/02/2019 15:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Selain menjabat sebagai Direktur Keselamatan Berlalu Lintas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Ipung Purnomo juga dikenal sebagai sosok yang hobi mengendarai moge.

Bahkan Ipung sendiri juga sangat gemar touring dengan moge-moge koleksi pribadinya. Baik di Indonesia maupun mancanegara.

Namun, menurut Ipung, touring dengan moge juga tidak bisa sembarangan, alias cuma ngegas tanpa persiapan.

Ia menjelaskan untuk orang-orang yang masih terbilang baru step up dari motor cc kecil ke cc besar harus lebih dulu beradaptasi sebelum riding jarak jauh.

"Intinya kita haru mengenali karakter kendaraan moge yang kita keendarai. Karena masing-masing brand itu beda antara Harley, Triumph, BMW, dan sebagainya itu beda-beda karakter, termasuk panel-panelnya. Jadi harus mengenali dulu," ujar Ipung saat ditemui pada Sarapan Bareng Riders oleh mobilinanews & IRC tire di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Minggu (24/2).

"Paling penting sebelum beralih ke kendaraan besar harus adaptasi dulu. Nggak bisa ujug-ujug punya uang beli moge tapi belum menguasai akibatnya malah celaka. Ukuran motor juga penting," lanjutnya.

 Jangan sampai orangnya pendek pilih motornya yang tinggi. Harus memakai yang ideal dengan badan, yang penting kaki dua-duanya napak.

Tak hanya sampai disitu, bicara adaptasi, tentunya seseorang juga harus menguasai aspek teknis yang juga didukung riding skill, serta pemahaman berkendara safety yang tidak boleh dikesampingkan.

"Kebanyakan sering teman-teman saat mengendarai moge adrenaline mereka lebih terpacu dan merasa lebih jago, nggak boleh sepertii itu. Saya berpesan kepada rekan-rekan dengan motor cc besar harus selalu menyesuaikan dan membaca situasi, lalu jangan nyalip dari sebelah kiri," ungkap mantan pejabat Dirlantas Polda Metro Jaya itu.

Pakai motor bebek aja nggak boleh nyalip di kiri apalagi pakai moge. Kemudian jika memacu kendaraan harus tahu cara mengerem yang benar saat mengendarai moge.

"Harus tahu kapan pakai rem depan dan kapan pakai rem belakang," beber Ipung. (adr)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine