Aplikasi Populer AMMDes, Mulai dari Pengangkut Air, Panen Pisang Hingga Ambulans

Senin, 15/04/2019 18:30 WIB

mobilinanews (BSD) - Dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan AMMDes, PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes terus menguatkan Research, Design and Development (RD&D) untuk meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri.

Hasilnya sebanyak 70 persen dari kandungan AMMDes merupakan konten lokal. Tak hanya itu, pihak KMWI bersama Kemenperin juga terus melakukan pengembangan dalam hal aplikasi mobil AMMDes.

KMWI dan Kemenperin saat ini sedang menggelar The 2nd AMMDes Summit and Exhibition pada tanggal 15 – 16 April 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Jika anda berkunjung ke acara ini, ada beberapa aplikasi AMMDes yang juga sudah digunakan banyak konsumen pedesaan antara lain AMMDes dengan aplikasi Perontok Padi, Ice Flake Maker, Pengolah Kopi, Pemoles Beras, Generator Listrik, Panen Pisang hingga Ambulance Feeder.

"Saat ini, AMMDes telah diproduksi massal dengan pengembangan aplikasi untuk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, dan tanggap darurat bencana,” jelas Reiza Trestanto, Presiden Direktur PT KMWI.

Bagi masyarakat desa atau dalam kondisi darurat bencana, kebutuhan air bersih dan air minum sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas. Aplikasi ini dikembangkan saat membantu korban bencana Palu dan Donggala beberapa waktu lalu.

“Bahkan, saat ini telah dikembangkan AMMDes yang dilengkapi dengan unit ice flake atau pembuat es serpihan yang cocok untuk nelayan yang ingin membekukan udang, ikan dan lain-lain,” tuturnya.

Menariknya lagi, kini AMMDes mampu dikembangkan sebagai feeder ambulans di wilayah-wilayah yang bermedan berat dan juga minim infrastruktur jalan. Ambulance Feeder ini diyakini akan menyelamatkan banyak nyawa untuk korban ataupun pasien yang tinggal di pelosok daerah dengan medan yang tidak bisa dimasuki ambulance Rumah Sakit. (adr)

TERKINI
Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Cloud EV Media Dynamic Impression Jadi Momen Istimewa Merasakan EV Terbaru Wuling