F1 Spanyol 2019 : Start dari Baris Kedua, Vettel Simpan Harapan

Minggu, 12/05/2019 11:27 WIB

mobilinanews (Barcelona) - Bawa mesin dan paket aerodinamika baru ternyata belum cukup buat Ferrari untuk mengganggu dominasi Mercedes.

Saat kualifikasi GP Spanyol, andalan The Prancing Horse, Sebastian Vettel, bahkan kalah telak hingga 0,8  detik dari Valtteri Bottas (Mercedes) yang raih pole position.

Perjuangan keras Vettel hanya membawanya ke starting grid 3 alias row 2 di belakang duet Bottas - Lewis Hamilton. Artinya, sejumlah terobosan teknis yang dibawa Ferrari ke Spanyol belum seperti diharapkan.

Mau tak mau mereka harus punya keberanian untuk perubahan set up saat balapan meskipun sifatnya gambling.

Vettel sendiri mengaku puas dengan pembaharuan teknis pada besutannya meski belum seperti yang diinginkan. 

"Ada kemajuan tapi hasilnya mungkin tak bisa kami petik saat ini. Masih banyak pekerjaan rumah namun arahnya sudah benar. Saya kira bisa dirasakan hasilnya pada seri berikutnya," kata driver Jerman itu.

Ia menilai kelemahan utama mobilnya berada di final sector Sirkuit Catalunya yang terdiri dari tikungan 10 sampai 15. Kekalahan 0,8 detik sebagian besar dari sektor tersebut.

"Gap 0,8 detik memang besar. Tapi, jika dibagi dengan jumlah tikungan yang ada maka selisih sesungguhnya kecil. Namun itu semua pada akhirnya tak berarti apapun selain kami memang harus tetap kerja keras."

Agar bisa bersaing dengan pembalap Mercedes, Vettel berharap kemampuan Ferari melibas tikungan bisa ditingkatkan pada raceday Minggu (12/5) ini.

Bukan soal pengereman semata tapi lebih pada speed di dalam tikungan. Itu yang paling penting agar setidaknya bisa berjibaku ke garis depan.

Juara dunia 4 kali itu belum sekalipun raih kemenangan tahun ini. Di klasemen sementara ia di peringkat 3 namun defisit poin 35 dari Bottas dan 34 dari Hamilton.

Ya, Ferrari memang masih punya pekerjaan rumah yang tak mudah. (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!