Mobil Klasik Ferrari Ini Bernilai Rp 214 Miliar

Minggu, 26/07/2015 08:33 WIB

mobilinanews.com (global) – Ferrari GT SWB Berlinetta Speciale buatan tahun 1962 ini memiliki harga US$16 juta atau sekitar Rp 214 miliar, dan merupakan satu dari 10 mobil paling mahal yang berhasil dijual dari proses lelang. Lantas apa keistimewaannya?

Buat penggemar brand Kuda Jingkrak, ada dua alasan mengapa mobil klasik ini bernilai sedemikian mahal, yaitu Giuseppe “Nuccio” Bertone selaku bos yang memandu pembuatan dan Giorgetto Giugiaro, desainer legendaris yang mendesain Ferrari GT SWB Berlinetta Speciale. Plus, GT SWB Berlinetta Speciale merupakan satu-satunya model kendaraan klasik Ferrari yang yang mendapat sentuhan langsung dari Giugiaro.

Kisah di balik pembuatan mobil klasik ini pun unik, karena Nuccio Bertone sempat mengalami rasa frustrasi ketika diminta mendesain sebuah mobil Ferrari. Lalu pada tahun 1962, Bertone membeli chassis 250GT SWB dari Ferrari. Ia pun meminta bantuan Guigiaro untuk mendesain mobil tersebut yang akan diikutkan di ajang lelang Gooding & Co’s Pebble Beach.

Dari situlah, kemudian lahirlah mobil dengan desain moncong runcing a la mobil balap. Sementara desain kabinnya sengaja dibuat nyaman dan mewah dengan balutan kulit pada kursi, dan kaca yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Setelah jadi, ternyata Bertone malah memilih menyimpan sendiri mobil ini. Meski beberapa kali ditampilkan di kegiatan lelang, Ferrari GT SWB Berlinetta Speciale hanya hadir sebagai mobil display. Hal ini justru menaikkan animo para peminat, hingga mobil klasik Ferrari ini ditaksir memiliki harga jual US$16 juta.

Tahun 1973, perusahaan desain Carrozzeria Bertone yang dipimpin Nuccio Bertone kembali mendapat kepercayaan untuk mendesain Ferrari Dino 208 GT4. Sayangnya, karyanya mendapat respon yang minim dari publik. Situasi yang membuat Ferrari kembali mempercayakan penanganan desain mobil-mobilnya ke Pininfarina.

TERKINI
Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Dunia SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati