F1 Monaco 2019 : Terkuak, Alasan Verstappen Menghajar Hamilton

Senin, 27/05/2019 16:10 WIB

mobilinanews (Monte Carlo) - Terpental dari podium GP Monaco, Minggu (26/5/2019), Max Verstappen nggak kecewa. Masih tersenyum. Ia malah mengaku fun dan sangat menikmati jalannya lomba dan insiden yang mengitarinya. 

Racing style Verstappen yang keren dan bernyali membuat GP Monaco punya greget lebih. Jika tak kena penalti, harusnya ia yang memecah tren finish 1-2 Mercedes. Bukan Sebastian Vettel (Ferrari). 

Soal agresivitasnya yang cenderung liar tapi mengasyikkan di lintasan, ia punya alasan. Setelah tahu dipenalti 5 detik akibat insiden di pitlane memotong jalur Valtteri Bottas, semangat tempur Verstappen malah berlipat.

Verstappen melihat ada kemungkinan mengejar defisit waktu itu jika berhasil menyalip Hamilton sebagai pemimpin lomba. Ia lihat ban Hamilton (medium) sudah tergerus dan speed lawannya jauh berkurang.

Sebaliknya, ban driver Red Bull itu (hard) masih segar. Artinya, jika ia finish diatas 5 detik maka dia lah yang juara.

"Karena itu saya lakukan semua hal agar bisa mengalahkan Lewis. Saya lihat bannya sudah parah," kata Verstappen yang pada akhirnya sempat menubruk sang juara dunia itu, tapi sayangnya posisi tak berubah.

Tekanan Verstappen tetap bertubi-tubi hingga lap terakhir. Lawan hanya bisa defensif. Hanya karena pengalaman Hamilton lolos dari kekalahan.

"Saya sama sekali tak menyesal. Balapan ini sungguh mengasyikkan," imbuh Verstappen yang di akhir lomba harus turun ke urutan 4 akibat hukuman 5 detik tadi.

Hamilton pun tak memasalahkan sundulan itu (kan tetap juara). Ia menilai masih wajar soal manuver lawannya.

"Harus saya akui, ini salah satu balapan terberat sepanjang karir saya," katanya.

Sayang, manuver-manuver asyik ditonton seperti itu rasanya sulit ditemui di trek-trek berikutnya. (rnp)

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik