F1 2019: Optimisme Honda dengan Mesin Baru

Rabu, 05/06/2019 17:35 WIB

mobilinanews - Suplier mesin Red Bull, Honda meyakini spek terbaru darjmi mesin f1 mereka akan lebih kuat dan kompetitif dibanding generasi sebelumnya.

Pabrikan asal Jepang itu memperkenalkan spesifikasi kedua mesin mereka menjelang seri Azerbaijan yang difokuskan pada peningkatan reliabilitas. Sejauh ini, tampaknya pembaruan tersebut bisa dibilang berhasil karena Honda tidak mengalami masalah reliabilitas di tiga balapan sejak GP Azerbaijan di sirkuit Baku.

Direktur teknis Honda F1, Toyoharu Tanabe, optimistis mesin mereka kini bisa bertahan selama tujuh balapan.

Tujuh menjadi angka penting bagi pabrikan mesin, sebab itu menjadi target yang harus dipenuhi agar pembalap tidak dikenai penalti grid.

Per musimnya, setiap pembalap hanya diizinkan memakai tiga mesin, tiga turbocharger, dan tiga MGU-H. Sejak kembali ke F1 pada 2015, Honda selalu melebihi batas tersebut.

Lalu apakah dengan mesin sekarang Honda bisa bertahan selama tujuh balapan? "Saya pikir demikian. Mudah-mudahan, kita lihat saja," kata Tanabe.

"Tetapi tentu saja itu selalu tergantung pada cara Anda menggunakan mesinnya. Jika penggunaannya ringan, maka Anda bisa mendapat jarak tempuh yang lebih tinggi. Jika penggunaannya berat, maka jarak tempuhnya menjadi lebih pendek."

"Kami mencari keseimbangan yang tepat. Jadi target kami adalah sekitar 5.000 km atau 6.000 km. Itu tidak mudah, dan sangat rumit," tutup Tanabe. (adr)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!