F1 GP Austria: Leclrec-Verstappen Front Row, Hamilton Turun ke Grid 4

Minggu, 30/06/2019 04:13 WIB

mobilinanews (Austria) - Seharusnya Lewis Hamilton start dari urutan kedua sesuai hasil kualifikasi. Hukuman mundur tiga posisi diberikan karena pembalap Mercedes itu dinyatakan bersalah karena menghalangi laju Kimi Raikkonen di sesi Q1.

Meski mundur tiga posisi, pembalap bernomor start 44 itu akan memulai balapan dari urutan ke-4. Pasalnya, Kevin Magnuson (Haas) yang harusnya menempati posisi itu juga terkena penalti mundur ke belakang. Kali ini tercatat 6 pembalap terkena penalti mundur posisi.

Dengan pergeseran itu maka starting grid GP Austria berubah jadi Leclrec (Ferrari) dan Verstappen (Red Bull) di baris pertama, sementara dua Mercedes, Hamilton dan Valtteri Bottas, mengisi slot baris kedua. Raikkonen (Alfa Romeo) yang tadinya posisi 6 naik ke urutan 5.

Ini sekaligus mengubur keinginan Hamilton untuk duel melawan Leclrec di baris depan. Di sisi lain, keberadaan Leclrec dan Verstappen di depan bakal jadi pemandangan tersendiri. Maklum, keduanya masih muda, 20 dan 21 tahun, dan tengah lapar kemenangan.

Dengan berbesar hati, Hamilton menerima hukuman itu. Ia mengakui memang salah karena manuvernya menyebabkan Raikkonen menggagalkan flying lap-nya saat kejadian.

"Saya bertanggung jawab untuk hal itu. Tak ada masalah. Balapan besok menjadi hal lain, hukuman ini justru menjadi pelecut dan tantangan tersendiri," kata pembalap Inggris yang tengah memimpin klasemen sementara musim ini. (rnp)

 

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024