F1 GP Inggris 2019 : Jelang Kualifikasi, Bottas Bikin Hamilton Kerja Keras

Sabtu, 13/07/2019 12:54 WIB

mobilinanews (Inggris) - Mengacu pada dua sesi latihan kemarin, Lewis Hamilton memang layak ragu.

Hanya tercepat ke-4 dan ke-2 di dua sesi, pemimpin klasemen sementara itu mengaku harus berpikir keras agar bisa meraih pole position.

Ia dan tim mekaniknya harus dapatkan setingan baru di FP3 sebagai bekal masuk kualifikasi.

Dikalahkan Valtteri Bottas dengan gap 0,069 detik di FP2, Hamilton dengan tegas menyebut rekan setimnya di Mercedes itu sebagai ancaman nyata, tak hanya di kualifikasi tapi bisa berlanjut sampai raceday.

"Sepertinya kami harus tarung habis-habisan. Ia tampak sudah sangat nyaman dengan mobilnya sementara saya alami banyak gangguan. Mulai dari tiupan angin, aspal baru sirkuit yang licin, serta roda depan yang kurang menggigit. Itu membuat mobil berkali-kali selip dan keluar jalur," ucap Hamilton yang sempat mengritik penyelenggara karena GP Inggris berbarengan waktunya dengan turnamen tenis Wimbledon.

Kalau Hamilton mengeluh, Bottas justru banyak bersyukur. Aspal baru sirkuit justru ia nikmati karena tak lagi banyak bumpy seperti tahun lalu.

"Performa awal sangat positif, baik dari diri sendiri maupun kemampuan mobil. Selalumenggembirakan jika awali kegiatan balap seperti ini," kata Bottas yang di klasemen sementara ditinggal Hamilton dengan selisih 31 poin.

Seperti mayoritas balapan sebelumnya, sepertinya duo Mercedes itu akan kembali bertarung di garis depan. Duet Ferrari, Charles Lecrec dan Sebastian Vettel, bukan ancaman meski hanya terpaut 0,1 dan 0,4 detik.

Begitu juga pembalap Red Bull Max Verstappen yang baru saja menjuarai GP Austria. malah menyebut latihan kali ini salah satu terburuk dalam karirnya.

Urutan 7 di FP2 dan di FP1. Di FP1 ia tercepat ketiga, tapi dengan kejutan besar karena yang tercepat di sesi itu justru Pierre Gasly, sesama driver Red Bull.

"Sama sekali tak ada keseimbangan mobil. Banyak sliding, sama sekali tak nyaman," ketus Verstappen yang bisa jadi di GP Inggris ini justru akan berjuang melawan Gasly, bukan memburu Mercedes. (rnp)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine