Ini Lima Keunggulan Mobil Hybrid yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jum'at, 19/07/2019 18:34 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Kendaraan Hybrid merupakan step awal untuk menuju era kendaraan listrik. Meski pasarnya belum terlalu besar, plus regulasi yang belum rampung, beberapa pabrikan nyatanya tetap menunjukkan komitmen ke dengan menghadirkan kendaraan Hybrid, Plug in Hybrid, dan Electric.

Salah satu pabrikan yang sudah lama mengembangkan kendaraan hybrid adalah Toyota. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang sedang berlangsung, Jumat (19/7), PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mencoba mensosialisasikan keunggulan dari sebuah kendaraan hybrid.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan setidaknya ada lima kelebihan yang dimiliki mobil hybrid.

"Lima keunggulan mobil hybrid antara lain fuel efficiency, fun to drive, comfortable (nyaman), ramah lingkungan, dan murah perawatan," kata Anton.

Untuk eficiency, Anton memberi contoh perbandingan antara Toyota C-HR mesin konvensional dengan C-HR Hybrid. Hybrid konvensional konsumsinya 12,3 km/L sedangkan C-HR Hybrid sekitar 20,8 km/L.

"Jadi kendaraan hybrid ini lebih irit sebesar 70 persen dibanding konvensional," lanjut Anton.

Hal lain yang juga masyarakat sering salah menilai adalah biaya perawatan Hybrid yang mahal. "Padahal tidak, biaya perawatan hybrid itu sama saja dengan kendaraan konvensional, dan bahkan lebih murah," terang Anton.

Lalu yang tidak kalah penting, performa mobil hybrid juga sangat memuaskan, nyaman, alias fun to drive.

Data yang dimiliki Toyota, C-HR konvensional melakukan akselerasi 0-50 km/jam dalam waktu 4.78 detik. Sedangkan C-HR Hybrid hanya butuh waktu 4,12 detik. Artinya peforma kendaraan hybrid lebih garang dalam hal akselerasi. (adr)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!