Tak Ditarget Podium, Bintang Barlean Sabet 2 Trofi Bergengsi di Merdeka Speed & Sprint Serang

Selasa, 10/09/2019 21:21 WIB

mobilinanews (Serang) - Bocah ajaib dari Batam, Bintang Barlean (14 tahun) kembali menggemparkan sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, Sabtu-Minggu (7-8/9/2019). Kali ini di ajang Merdeka Speed & Speed 2019 besutan Banteng Motorsport yang menggelar 2 event kejurnas sekaligus.

Di kejurnas Speed Offroad, Bintang untuk kali pertama turun di kelas G 1.2 Can Am 1000 turbo dengan mobil UTV Polaris. Hasilnya, cukup mengagetkan karena langsung bisa menyabet juara 2.

Bintang dicoaching Rifat Sungkar

Pelajar kelas 2 SMP di Batam, Kepulauan Riau ini hanya kalah dari Musa Arjianshah berpasangan dengan Hery Kuntoyo, yang telah 3 tahun bermain di kelas Can Am ini. Sedang juara ketiga ditempati Marrel Suryokusumo/Udi Baboe.

Tak hanya itu, Bintang yang tergabung di tim Banteng Motorsport juga berlaga di Kejurnas Sprint Rally yang perlombaannya selang-seling dengan Speed Offroad.

Berlomba di kelas J3, ia berhasil merampas trofi juara kesatu setelah melahap 4 Special Stage pada 2 hari perlombaan.

Di sini, putra bungsu offroader senior Frans Barlean ini mengalahkan 2 rekannya dari Banteng Motorsport yakni Hari Setiawan/Moch Tohir dan Zharfan Rahmadi/Joshi. Keduanya mengandalkan jeep Cherokee.

Adaptasi cepat dari Jimny ke Can Am

Sebelumnya, Bintang yang bercita-cita menjadi pereli dunia sekelas Sebastien Olgier, idolanya, mendapat coaching dari Rifat Sungkar beberapa hari sebelum event berlangsung. 

Namun karena baru pindah kelas baru dengan kendaraan lebih kencang, Rifat pun tidak berani memberikan target podium.

"Sungguh, apa yang dicapai Bintang jauh melebihi ekspektasi. Karena dari kelas Jimny ke Can Am itu tidak mudah dan butuh adaptasi lho. Luar biasa bakat dan kemauan Bintang," ujar Rifat.

aDidampingi navigator Taufikurakhman dari DKI

Tahun lalu, Bintang adalah juara nasional kelas G2.2 Suzuki Jimny 1000 cc Kejurnas Speed Offroad pada usia 13 tahun. 

Bocah Ajaib dari Batam yang mulai mengenal motorsport sejak usia 5 tahun karena sering diajak ayahnya ikutan offroad ini pun diprediksi akan membuat kejutan demi kejutan pada event selanjutnya. 

"Kami orang tua hanya mensupport bakat Bintang. Tapi, karena masih 14 tahun, harus dibimbing dan didampingi. Kalau tahun lalu mendapat coaching dari Rizal Sungkar, kali mendapat bekal berharga dari sang master Rifat Sungkar. Terima kasih untuk bro Rizal, Rifat," senyum Frans, sang ayah. 

Gasss terus, Bintang. (bs)  

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine