Test Drive: Antar Kota Antar Provinsi, Mobil HEV Toyota Tangguh, Nyaman, & Irit

Minggu, 13/10/2019 05:01 WIB

mobilinanews (Bali) - Kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) saat ini merupakan pilihan terbaik dalam menuju era mobil listrik. Satu hal yang membuat mobil HEV menjadi ideal karena kendaraan HEV mengkombinasikan antara motor listrik dengan mesin konvensional.

Sistem ini memanfaatkan keunggulan motor listrik yang zero emission dengan mesin konvensional yang irit bahan bakar sehingga mobil HEV tidak bergantung pada kapasitas baterai karena baterai di mobil HEV selalu mendapat asupan daya listrik dari mesin konvensional.

Bandingkan jika anda menggunakan mobil full electric, ketika di situasi tertentu dalam perjalanan jauh tidak ada fasilitas charging baterai misalnya, tentu ini akan menjadi masalah. Apalagi kita tahu saat ini, fasilitas charging station masih sangat minim. Nah hal inilah yang akhirnya menjadikan mobil HEV sebagai pilihan ideal.

Redaksi mobilinanews pun juga sepenuhnya setuju dengan pilihan mobil HEV, apalagi setelah mendapat kesempatan melakukan test drive perjalanan jarak jauh. Test drive mobil elektrifikasi Toyota bersama para jurnalis melintasi wilayah Bali sepanjang 202 km. Kegiatan test drive berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai dari Banyuwangi Jawa Timur (9/10) dan berakhir di Kuta Bali (11/10) dengan menempuh jarak hampir 380 km.

Menggunakan total 8 unit mobil elektrifikasi Toyota yang terdiri dari Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Plug-In Hybrid (PHEV) (2 unit), para jurnalis mendapat kesempatan bertukar unit untuk mengeksplorasi berbagai kelebihan yang dimiliki mobil-mobil elektrifikasi Toyota. 

Dari hasil pengujian yang dilakukan, konsumsi bensin mobil HEV jauh lebih irit hingga 70 persen dari model konvensional, gas buangnya lebih rendah, serta lebih senyap karena menggunakan tenaga listrik. Selain itu, mobil HEV tetap fun to drive, mudah, praktis, nyaman dikendarai, dan power yang mengagumkan.

Jika sebelumnya banyak pihak yang meragukan mobil HEV untuk dipakai mudik, ternyata salah besar. Perjalanan mudik anda dipastikan semakin seru dan menyenangkan dengan line up HEV Toyota. 

Rute test drive kali ini juga sangat beragam mulai dari jalan aspal mulus dan lurus, jalan berliku, menanjak, menurun hingga rute dalam kota dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat. 

 

Seluruh model HEV Toyota memiliki 4 mode berkendara (driving mode), antara lain Normal, ECO, Sport dan EV mode guna memberikan opsi karakter berkendara bagi pengemudinya. Selama perjalanan dari Banyuwangi menuju Bali, redaksi mobilinanews mencoba seluruh mode berkendara yang ditawarkan mobil HEV, dan terbukti beragam mode berkendara mewujudkan fun to drive yang begitu berkesan.

Ketika menggunakan ECO mode misalnya, sistem komputer akan mengatur akselerasi mobil menjadi lebih lembut meski mesin konvensional yang bekerja. Pada kondisi tersebut baterai listrik akan melakukan pengisian ulang secara regeneratif. Namun, ketika pedal gas diinjak lebih agresif maka mobil akan menunjukkan kekuatan mesinnya. Tak perlu ragu untuk menyalip karena power yang disalurkan sangat responsif.

Dari pengalaman kami mencoba mobil HEV Toyota, simpelnya pengemudi tidak usah pusing mikirin kapan harus pakai mesin konvensional dan kapan beralih ke motor listrik. Cukup ngegas dan nyetir aja senyaman kalian, karena mobilnya yang akan mengatur sendiri. Anda cukup menikmati sensasi fun to drive dengan pilihan mode berkendara yang sesuai selera.

Hebatnya lagi, efisiensi penggunaan bahan bakar juga tidak mempengaruhi performa mobil HEV karena tetap ada dukungan dari motor listrik saat mobil membutuhkan respon yang agresif, atau saat pengemudi menggunakan mode berkendara Sport.

"Mobil HEV merupakan jenis kendaraan elektrifikasi yang paling tepat dilakukan di Indonesia saat ini karena bisa langsung menggunakan infrastruktur yang sudah ada sekarang ini dan pemilik bisa langsung menikmati benefit dari kendaraan ini. Selain hemat bahan bakar, emisi gas buangnya sangat rendah, serta kabin senyap, mobil HEV juga memiliki performa yang tangguh, nyaman, dan mudah saat digunakan dalam berbagai kondisi berkendara,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Kesimpulan yang bisa didapat selama kegiatan test drive ini adalah ternyata kekhawatiran konsumen dan masyarakat soal kendaraan hybrid salah besar. Soal performa, jauh lebih sangar, nggak perlu takut (khawatir) baterai habis karena selalu diisi lewat mesin konvensional, mobil HEV juga senyap, iritnya minta ampun, dan yang pasti ramah lingkungan sob.

Hal penting yang juga harus kalian tahu adalah soal perawatan HEV, ternyata tidak jauh berbeda dengan mobil mesin bensin bahkan biaya perawatan mobil HEV Toyota justru lebih murah. Ditambah lagi Toyota saat ini sudah memiliki 332 jaringan dealer/bengkel se Indonesia yang bisa melakukan service kendaraan HEV. (adr) 

 

Line Up HEV Toyota

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik