MotoGP 2019 Jepang: Kacau di FP3, Rossi Tertolong Hasil FP2

Sabtu, 19/10/2019 11:22 WIB

mobilinanews (Jepang) - Hujan membuat jadwal latihan (FP3) tertunda 20 menit dengan alasan safety.

Banyak pembalap yang terjengkang di lintasan pada sesi sebelumnya, saat latihan para rider di Moto2. Banyak genangan air di beberapa tikungan sirkuit Twin Ring.

Dalam trek basah itu lagi-lagi Danilo Petrucci menahbiskan diri sebagai rain master. Ia tercepat, mengalahkan Marc Marquez sang juara dunia 2019 dengan gap 0, 1 detik.

Para joki Yamaha yang pada latihan sebelumnya bergantian dalam status tercepat, ternyata kelimpungan saat main di bawah siraman hujan. Maverick Vinales di posisi 5 sementara joki muda Fabio Quartararo di urutan 8.

Si senior Valentino Rossi kembali terpuruk di urutan 12 seperti di FP1. Untungnya, The Doctor bisa capai posisi 5 Beaar di FP2 kemarin. Karena hujan di FP3 maka hasil FP2 itulah yang digunakan untuk tetapkan 10 Besar yang lolos otomatis ke Q2. Itu kualifikasi terakhir sekaligus penetapan grid starting untuk raceday Minggu (20-10-2019).

Meski tak puas dengan performa motornya, Rossi bersyukur lolos otomatis ke sesi Q2. Ia sendiri masih sibuk cari celah setelan terbaik pada motornya. Swingarm dan knalpot baru yang tempohari ia banggakan, kini ia lepas dan kembali ke barang standar.

"Hasilnya tidak signifikan. Tetap kalah dari part standar seperti punya Vinales dan Quartararo," tandasnya.

Sesi Q2 yang berlangsung siang ini diperkirakan masih akan ditimpa hujan deras. Sepertinya Petrucci bersama barisan Desmosedici GP19 lainnya macam Andrea Dovizioso dan Jack Miller dari tim satelit akan jadi lawan tangguh buat Marquez. Pastinya juga buat anak-anak Yamaha. (rnp)

10 PEMBALAP LOLOS KE Q2:

RIDER/NATTEAM
1Fabio QuartararoFRAPetronas Yamaha (YZR-M1)*
2Maverick VinalesESPMonster Yamaha (YZR-M1)
3Marc MarquezESPRepsol Honda (RC213V)
4Andrea DoviziosoITADucati Team (GP19)
5Valentino RossiITAMonster Yamaha (YZR-M1)
6Franco MorbidelliITAPetronas Yamaha (YZR-M1)
7Jack MillerAUSPramac Ducati (GP19)
8Danilo PetrucciITADucati Team (GP19)
9Joan MirSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)*
10Aleix EspargaroESPFactory Aprilia Gresini (RS-GP)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!