Kolaborasi Toyota - Daihatsu Berlanjut, Lahirkan SUV Kompak Raize dan Rocky

Senin, 04/11/2019 22:30 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Setelah sebelumnya beberapa tampilan gambar dari Toyota Raize 2020 bermunculan di forum online jelang debutnya di Tokyo Motor Show 2019. 

Tak lama setelahnya, beredar tampilan gambar dari model kembarannya, yakni Daihatsu Rocky 2020. 

Kedua SUV berdimensi mini hasil berbagi platform antara Toyota dan Daihatsu ini adalah SUV kompak yang akan dihadirkan untuk pasar Asia.

Toyota Raize menggunakan platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang merupakan versi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang lebih terjangkau. 

Keduanya sama-sama memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.525 mm.

Tampilan eksterior keduanya mengadopsi ‘signature design’ dari masing-masing pabrikan yang punya ciri khas tersendiri.

Raize kabarnya akan dilengkapi dengan berbagai macam sistem bantuan mengemudi, termasuk forward collision alert, lane departure warning, blind spot monitor dan teknologi traffic sign recognition sebagai fitur standar. 

Sementara fitur tambahan lain yang tersedia sebagai pilihan mencakup adaptive cruise control, lane keep assist, rear cross-traffic alert dan a surround view camera.

Sumber tenaganya mengandalkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc dilengkapi peranti turbocharger yang menghasilkan 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm. 

Keluaran tenaga dipadukan dengan transmisi otomatis CVT yang menggerakkan roda depan. Sangat prospektif untuk pasar Indonesia. (anto)

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024