Kalender ARRC 2020 Dipublish, Sirkuit Sentul Kembali Dilewati

Selasa, 05/11/2019 20:12 WIB

mobilinanews (Kuala Lumpur) - Kalender event ARRC (Asia Road Racing Championship) musim 2020 telah direlease oleh promotor balap Two Wheels yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebanyak 8 round akan dihelat untuk musim depan, di Malaysia, Thailand, Cina, Jepang dan Australia. 

Yang menjadi pertanyaan, Sentul International Circuit Bogor, kembali tidak disinggahi event balap motor paling bergengsi di Asia di luar MotoGP itu.

Hal serupa juga terjadi tahun lalu, dengan tidak mencantumkan sirkuit international yang dikelola H.Tinton Soeprapto tersebut. 

Padahal selama belasan tahun, ARRC selalu digelar di Sentul. Bahkan beberapa kali pernah dalam setahun dihelat dua round ARRC. 

Ketika hal itu ditanyakan kepada Lola Moenek, GM Sentul International Circuit, belum bersedia buka suara.

Namun menurut keterangan seorang tokoh motorsport nasional yang tidak mau disebut namanya, sejak tahun lalu Sirkuit Sentul tidak masuk dalam proyeksi ARRC yang mulai menggelar kelas Superbike 1000cc.

"Untuk motor supersport dengan kapasitas mesin hingga 1000cc, hal utama yang harus dibenahi di Sentul adalah kualitas lintasan balapnya. Mutlak harus direnovasi dan overlay (pengaspalan ulang). Karena menyangkut safety," ungkapnya.

Pada kesempatan lain, Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa menyebutkan, sirkuit Sentul saat ini masuk kategori Grade 2. 

"Untuk bisa menyelenggarakan event World Touring Championship, misalnya, Sirkuit Sentul harus Grade 4," ujar Sadikin Aksa.

Menurut dia, sebenarnya lebih mudah melakukan renovasi Sirkuit Sentul ketimbang harus membangun sirkuit baru agar bisa untuk menggelar event international FIA maupun FIM.

"Soalnya, secara pondasi, Sirkuit Sentul sudah kuat. Hanya saja, perlu renovasi termasuk paddock dan pit hospitality," lanjut Sadikin Aksa.

Terkait investor, Sadikin Aksa mempersilakan untuk menanyakan langsung kepada manajemen sirkuit Sentul.

"Kabarnya kan sempat ada beberapa calon investor. Idealnya memang kerjasama business to business. Tapi Pak Tinton dan Bu Lola, pasti lebih tahulah soal itu," pungkas Sadikin Aksa. (bs)     

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine