Persaingan Makin Ketat, Pembalap Pahami Haknya

Minggu, 12/01/2020 02:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Adanya beberapa kejadian protes hingga banding yang diajukan pembalap atau tim pada ISSOM 2019 lalu, secara umum mengindikasikan persaingan yang makin ketat.

“Secara umum, banyak kejadian yang protes dan banding dilakukan pembalap, itu salah satu indikator makin ketatnya persaingan di ajang balap mobil,” ujar Dani Sarwono, mantan pembalap dan pereli nasional kepada mobilinanews.

Menurut Dani, pembalap makin memahami peraturan dan hak-haknya.

 “Oo ternyata kalau merasa dirugikan pembalap lain bisa mengajukan protes. Oo…bisa banding ya. Juga seperti keputusan steward itu sudah final, tapi masih punya hak untuk banding,” ungkap Dani lagi.

Di mata figur yang juga dipercaya sebagai COC (Clerk of The Course) di Sentul International Circuit ini, bukan balapannya yang bermasalah, tapi sebuah kemajuan.

“Seperti  di BSD City GP kemarin, Avila Bahar mengajukan protes karena merasa ditabrak Demas Agil, membuat kehilangan posisi. Karena steward (pengawas lomba) tak mendapatkan rekaman videonya yang jelas, ya kemudian dianggap sebagai racing accident,” terang Dani.

Sebelumnya dalam regulasi balap mobil ISSOM, tambah Dani, setiap mobil diwajibkan memasang kamera pada bagian depan dan belakang.

“Tak hanya itu, bahkan disebutkan kamera/GoPro on board tersebut harus dilengkapi memory yang  berfungsi dengan baik,” lanjutnya.

Nah, protes Avila tidak bisa diproses lebih lanjut karena saat itu memory pada kamera GoPro-nya tidak bisa berfungsi dengan baik/kurang jelas visualnya.

“Dan, masih banyak lagi insiden di balapan ISSOM kemarin. Yang penting, ke depan penanganannya harus cepat dan sesuai regulasi yang berlaku,” pungkas Dani. (bs)     

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine