Desain Mobil F1 2020 Akan Berubah Sesuaikan Ban Baru Pirelli

Minggu, 12/01/2020 18:17 WIB

mobilinanews - Tim-tim Formula 1 akan perlu menyesuaikan desain untuk mobil 2020 mereka seandainya mereka menerima ban terbaru Pirelli untuk musim depan. Hal ini diungkapkan oleh oleh juru bicara Pirelli.

Tim-tim memilih untuk tidak memakai kompon baru Pirelli setelah menjalani sejumlah tes tertutup sepanjang tahun, termasuk latihan akhir musim untuk Grand Prix Amerika Serikat dan tes pasca-balapan terakhir di Abu Dhabi.

Artinya, F1 akan terus menggunakan ban Pirelli spek 2019 pada tahun 2020.

Namun begitu, ketua Pirelli F1 Mario Isola mengatakan tim terpaksa membuat beberapa perubahan desain sasis untuk 2020 seandainya mereka menerima ban yang diperbarui karena profil ban yang berubah.

"Pengujian pada ban 2020 datang cukup terlambat di musim ini, dan fakta bahwa ban 2020 memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal profil, karena sangat berbeda di profil belakang, itu mempengaruhi downforce," jelas Isola.

"Itu berarti tim harus membuka kembali pengembangan mobil 2020 untuk menyesuaikan desain dengan profil ban baru. Mereka sibuk menyelesaikan mobil 2020, dan memulai pengembangan mobil 2021 yang merupakan proyek baru lengkap dengan ban 18 inci dan sebagainya. Mereka bilang OK, ban kami bagus. Kita harus melanjutkan hal yang sama," sambungnya.

Isola menambahkan Pirelli kemungkinan akan mengubah tekanan awal bannya untuk tahun 2020 untuk menjelaskan peningkatan kinerja mobil.

"Mungkin, hampir pasti bahwa kita harus menaikkan sedikit tekanan awal untuk menyeimbangkan peningkatan performa, karena produknya sama dengan tahun lalu," kata Isola.

“Resep kami didasarkan pada simulasi yang kami terima dari tim. Jika kita melihat peningkatan kinerja, satu-satunya reaksi yang dapat kita miliki adalah meningkatkan tekanan awal untuk mencapai tekanan berjalan yang sedikit lebih tinggi," tutupnya. (adr)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine