Hankook Bidik Kenaikan Pangsa Pasar Domestik Indonesia di 2020

Sabtu, 18/01/2020 15:01 WIB

mobilinanews (Nusa Dua) - Sepanjang tahun 2019, penjualan Hankook di pasar domestik meningkat lebih dari 20 persen secara kualitatif atau secara pendapatan, dibandingkan penjualan tahun lalu. 

Pencapaian ini menandakan meningkatnya antusiasme konsumen dalam negeri terhadap produk Hankook.

Terkait target di tahun 2020, Yoonsoo Shin, President Director Hankook Tire Sales Indonesia, mengungkapkan perusahaan juga akan memperbanyak jaringan retail di berbagai kota. 

“Dengan langkah ini, diharapkan merek ban Hankook makin dikenal tidak hanya di kota-kota besar saja, namun juga di daerah yang lebih kecil,” ujar Yoonsoo yang baru menjabat posisi barunya ini dalam acara National Distributor Conference pada 9-11 Januari 2020 lalu di Nusa Dua, Bali.

Menurutnya, Sinergi dengan jaringan distributor yang sudah ada juga perlu terus ditingkatkan, karena merekalah yang menjadi ujung tombak penjualan secara retail. 

Peningkatan target pangsa pasar domestik Indonesia yang dibidik Hankook berkaca dari kinerja positif perusahaan tahun lalu serta pergerakan industri ban nasional. 

Di tahun 2019, industri ban disebut-sebut mengalami stagnasi penjualan, khususnya di pasar domestik yang berimbas dari penjualan industri otomotif. 

GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menyebutkan bahwa penjualan wholesales mobil per November 2019 sebanyak 940,362 unit. 

Perolehan ini cukup ketat untuk mengejar penjualan wholesales sepanjang tahun 2018 yang mencapai 1,151,308 unit. 

Daya beli masyarakat yang tengah lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan terhadap mobil.

Namun, kondisi di atas tidak terlalu berpengaruh bagi Hankook yang mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti di Indonesia di tahun 2019. 

Melalui lini bisnis andalan di replacement equipment inilah, Hankook mampu bertahan dengan memasok produk ke distributor-distributor untuk konsumen retail.

Selain itu, Hankook juga terbilang aktif dalam menciptakan inovasi produk yang relevan dengan pasar Indonesia. 

Beberapa produk unggulan Hankook yang sudah beredar di pasaran antara lain Ventus Prime3 (K125), Kinergy Eco2 (K435), Optimo (H724), Dynapro AT2 (RF11) dan Dynapro MT2 (RT05).

Sampai dengan akhir tahun 2019, Hankook Tire Indonesia telah bermitra dengan 25 distributor resmi yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Mulai dari Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua. Jaringan ini akan terus ditingkatkan di tahun 2020. (anto)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine