MotoGP: Yamaha Sandingkan Vinales - Quartararo Pada 2021, Rossi Pensiun?

Rabu, 29/01/2020 19:51 WIB

mobilinanews (Italia) - Di luar dugaan, Yamaha mengikat kontrak Maverick Vinales untuk musim 2021-2022 sebelum musim kompetisi 2020 bergulir.

Tak mustahil muncul kejutan lanjutan dalam waktu dekat, yakni promosi Fabio Quartararo dari satelit ke tim pabrikan.

Begitu analisis jurnalis senior motorsport.com Oriol Puigdemont dalam tulisannya pada Rabu, 29 Januari 2019. Analisa yang sesungguhnya sudah disinggung banyak pengamat MotoGP.

Tapi, bahwa ia menyebut pengumumannya dalam jangka waktu dekat, itu yang mengagetkan karena terkait dengan ikon Yamaha selama ini Valentino Rossi.

Quartararo menjadi Rookie of the Year 2019. Ia menyumbang 6 pole positions dan 7 podium buat tim Petronas Yamaha Srt.

Tercatat dua kali ia lakoni duel ketat dengan Marc Marquez hingga lap terakhir dan tikungan terakhir. Jelas ia adalah aset masa depan Yamaha.

Mengapa Yamaha harus buru-buru mengikat Quartararo untuk musim 2021, menurut Puigdemont, tak lain untuk menjaganya dari godaan Ducati dan Suzuki. Dua tim pabrikan yang juga berobsesi menjadi juara dunia.

Kekhawatiran yang wajar karena Ducati dan Suzuki pasti berani menawarkan nilai kontrak melebih tawaran Yamaha untuk seorang Quartararo.

Meskipun Quartararo sendiri pernah mengatakan, "Saya tidak termotivasi oleh nilai kontrak yang tinggi. Yang saya butuhkan adalah motor yang kompetitif dalam perebutan gelar."

Jika jadi kenyataan dalam waktu dekat Quartararo diumumkan jadi tandem Vinales pada 2021 maka itu artinya tak ada lagi tempat buat Valentino Rossi dalam tim pabrikan Yamaha.

Hanya terssa dua pilhan buat The Doctor: menggantikan posisi Quartararo dalam tim satelit Yamaha atau pensiun dalam usia 41 tahun.

Rossi sendiri menyebut akan melihat performanya dalam beberapa seri awal sebeleum memutuskan masa depannya.

Pada kesempatan berbeda ia juga siap mejadi pembalap satelit karena motor yang digunakan tim Petronas Yamaha Srt sama dengan tim pabrikan.

Dan, ia juga sportif dengan menyebut Quartararo memang harus dilindungi Yamaha dari sergapan tim lain. (rnp)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!