Kanaka Gusasi, 3 Tahun Nggak Makan Nasi Demi Prestasi Gokart

Sabtu, 08/02/2020 23:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Apa kunci sukses Kanaka Gusasi meraih juara nasional Mini 2019? Ada beberapa faktor tentunya. Tekun berlatih, support tim, orang tua serta didukung kesiapan fisik yang mumpuni.

Nah, bicara fisik, Kanaka memiliki keunggulan tersendiri.  Pelajar sekolah Global Jaya School Bintaro Tangerang Selatan ini dikenal memiliki endurance bagus, sehingga bisa membalap dengan catatan waktu konsisten. Padahal sebelumnya, dia kena overweight.

“Memang itu menjadi salah satu alasan kami masukkan  Kanaka program pelatihan fisik Dennis Van Rhe, sekaligus program nutrisi. Sebelumnya, konsultasi dengan om Didi Shadaff da nom Eris Mahpud juga,” terang Andre Gusasi, sang ayah.

“Sampai sekarang, sudah 3 tahun Kanaka tidak makan nasi,” lanjut Andre yang suka aktif sebagai pembalap turing dan mantan instruktur safety driving ini.   

Program latihan fisik itu dilakukan secara konsisten hingga sekarang. Lari 5 kilometer setiap hari menjadi santapan rutin Kanaka.  Kemudian, berenang 5.000 meter di sekolah atau di Serpong.

“Tidak makan nasi, awalnya emang susah, lama-lama Kanaka sudah terbiasa. Kalau ditanya apakah anaknya gak lemas? Sejauh ini baik-baik saja, karena Kanaka juga makan seperti biasa hanya saja karbo tidak dari nasi,” sambung Dian Murdianingsih, sang mama.

Sebagai gantinya, Kanaka makan ikan, atau daging diteriyaki, kentang rebus dalam porsi tertentu dan boleh makan pisang.   

Untuk makan siang, Kanaka dibekali dari rumah oleh mamanya dengan ayam  grill, wortel, brokoli begitu setiap hari dengan variasi terbatas. 

“Mungkin ada yang berpikir, gila tuh ya orang tuanya, anaknya dibikin susah. Ternyata tidak begitu. Karena ritmenya udah jalan, ya biasa aja. Kanaka udah biasa,” lanjut Andre.  

Jam 6 pagi udah berenang di sekolah. Di samping gaya hidup, disiplin makan bagus, dikasih mesin pas-pasan bisa kenceng. 

Menurut Andre, kalau kardio bagus, suplai ke otak lancar, saat balapan akan memiliki endurance yang bagus, bisa mikir cepat, cepat memutuskan, serta  bisa nyetir dengan tenang.

Lalu, apa kuncinya agar Kanaka tetap bertahan dengan programnya?

Pertama, harus komitmen. Kedua, dijadikan gaya hidup dan ketiga dengan disiplin bagus yang bagus. (bs)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine