Marquez Gagal, Hamilton dan Messi Terbaik Versi Laureus

Rabu, 19/02/2020 08:03 WIB

mobilinanews (Jerman) - Enam gelar juara MotoGP dalam 7 tahun, tak cukup buat Marc Marquez mengalahkan Lewis Hamilton dan Lionel Messi di ajang Laureus World Sportsman of the Year Award. Ini kali pertama juara kembar dalam 20 tahun acara pemilihan atlet terbaik ini.

Hamilton yang meraih 6 gelar dunia F1 dan Messi yang mengoleksi 6 gelar Ballon d`Or di kancah sepakbola dunia dinobatkan sebagai terbaik dalam acara gemerlap di Berlin, Jerman, tadi malam. Tadinya mereka bersaing dengan Marquez.  Namun, suara terbanyak diberikan kepada driver tim Mercedes dan striker tim Barcelona itu. Jumlah suara pun sama, dan itu kali pertama terjadi di arena anugerah olahraga elit ini.

Mercedes tentu saja senang dengan keberhasilan pembalapnya. Harapannya gelar ini jadi penyemangat Hamilton memasuki musim kompetisi 2020. Targetnya adalah kembali juara dunia, sekaligus menyamai rekor 7 gelar F1 milik legendaris Michael Schumacher.

Tampil necis dengan setelan jas abu-abu, Hamilton datang sendiri ke Berlin untuk menerima piala kemenangan. Mukanya sumringah.

"Sungguh penghargaan yang luar biasa saat namaku bergabung dengan para atlet besar yang sebelumnya terpilih. Terima kasih kepada panitia dan para pemilih. Ini kehormatan yang aku bawa hingga hari kematian kelak," katanya.

Hamilton adalah atlet ketiga dari sektor autosport yang menerima penghargaan ini. Penerima sebelumnya adalah Michael Schumacher (2002 dan 2004) dan Sebastian Vettel (2014) yang juga dari trek F1. Dari MotoGP belum pernah muncul. Seperti halnya Marquez tahun ini, nama besar Valentino Rossi pun hanya sampai sebatas nominasi.

Messi sendiri menjadi pesepakbola pertama yang menerima award yang didominasi atlet tenis ini. Sejak tahun 2000, tercatat 10 kali gelar the best didapuk petenis macam Roger Federer (5 kali), Novak Djokovic (4) dan Rafael Nadal (1). (rnp)

Hasil Laureus World Sportsman of the Year Award 2020:

Sportsman: Lionel Messi and Lewis Hamilton

Sportswoman: Simone Biles

Comeback: Sophia Floersch

Team: South Africa Men`s Rugby Team

Sporting Moment: India Men`s Cricket Team

Breakthrough: Egan Bernal

Sportsperson with a Disability: Oksana Masters

Action Sportsperson: Chloe Kim

Academy Exceptional Achievement Award: Spanish Basketball Federation

Sport for Good Award: South Bronx United

Lifetime Achievement Award: Dirk Nowitzki

 

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!