Great New Xenia, Nanjak Bukit Tak Pakai Loyo

Kamis, 03/09/2015 01:08 WIB

mobilinanews (Cirebon) - Perjalanan test drive Daihatsu Great New Xenia yang menempuh jarak tidak kurang dari 40 km dengan kombinasi rute perjalanan lintas kota Cirebon hingga Kuningan yang didominasi oleh tanjakan dan tikungan tajam, menjadi sarana tepat untuk pengetesan singkat MPV (multi purpose vehicle) andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Untuk pengetesan di hari pertama, mobilinanews merasakan langsung performa Daihatsu Great New Xenia tipe R A/T 1.300 cc. Saat melintas di kepadatan kota Cirebon, pengetesan fokus pada kenyamanan kabin.

Sekilas tidak ada yang berbeda dari tampilan eksterior, namun pada bagian muka, desain airdam dan grill yang besar membuat Great New Xenia tampil lebih macho. Menariknya desain baru lampu bagian depan dan belakang terlihat modern

Masuk kedalam kabin, kenyamanan pertama dirasakan saat menduduki kursi penumpang dengan desain cover seat baru, posisi duduk terasa lebih nyaman dan ergonomis. Ketika melaju di medan jalan berlubang pun, suspensi baru yang diterapkan membuat penumpang ataupun pengemudi tidak merasakan hentakan berarti. Selain suspensi tentunya kenyamanan jok turut andil meminimalkan efek hentakan.

Begitu lepas dari perkotaan, saat tepat untuk menguji performa mesin. Mesin baru 1.3 L DOHC VVT-i, bejakan gas di trek lurus kinerja mesin terasa responsif. Tidak terasa ada jeda perpindahan gigi pada transmisi matik, begitupun saat menanjak diperbukitan kaki Gunung Ciremai. Teknologi VVT-i bekerja optimal dan tidak loyo, lumayan lah untuk mobil sekelas Great New Xenia. Satu lagi yang terasa ada perubahan, tidak terdengar suara mesin yang menggerung manakala transmisi gigi rendah bekerja, baik diposisi D maupun L.

Sedangkan improvement yang dilakukan guna meredam noise, terbukti mampu mereduce suara yang terdengar dari ruang dapur pacu ataupun dari gardan. Secara keseluruhan improvement yang diterapkan pada Great New Xenia sesuai dengan espektasi mobilinanews. Lantas bagaimana dengan performa transmisi manual? Tunggu impresi berkendara selanjutnya di test drive Great New Xenia hari kedua.

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!