GIICOMVEC 2020: United Tractors Kenalkan Bus Scania Baru Armada Transjakarta

Jum'at, 06/03/2020 01:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT United Tractors Tbk dan Scania memperkenalkan bus tipe K250IB-4x2 sebagai armada Transjakarta pada pameran GIICOMVEC 2020 di JCC Jakarta (5-8/3/2020). 

"United Tractors luncurkan bus terbaru untuk Transjakarta, kalau dulu butuh bus gandeng, sekarang mereka beralih ke single bus,” jelas Loudy Irwanto Ellias, Direktur United Tractors.

Menurut Loudy, sebelumnya bus Scania secara kompetitif belum disuplai, karena saat itu sistemnya masih manual, suspensinya belum udara, dimana produk Scania sudah menerapkannya. 

“Tapi sehubung perkembangan waktu, dimana penumpang membutuhkan kenyamanan, Transjakarta mulai me-leverage dari spesifikasinya untuk mendukung kenyamanan. Jadi, kami mulai membuat unit ini K250IB 4X2 untuk mendukung Transjakarta di jalur kanan," tambahnya.

Soal fitur safety, pabrikan asal Swedia ini telah menjadikan sistem pengereman Anti-lock dan Electronic Braking System (ABS/ EBS) sebagai standar. 

Guna menunjang kenyamanan, Scania menggunakan suspensi udara dan transmisi otomatis terbaik di kelasnya. 

Scania bus juga dilengkapi mesin yang memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien dan sudah dapat menggunakan biosolar B30 sampai dengan B100, menjadikannya ramah lingkungan.

United Ttractors menargetkan akan ada 60-100 bus yang akan dipesan Transjakarta. Anak usaha dari PT Astra International Tbk ini menargetkan bisa menjual 550 unit truk dan bus di tahun 2020.

Dimana 150 unit diantaranya adalah bus dan sisanya truk. Angka tersebut meningkat signifikan dari tahun lalu yang hanya 430 unit, dimana penjualan bus hanya 36 unit saja dan sisanya truk. (anto)

TERKINI
Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Cloud EV Media Dynamic Impression Jadi Momen Istimewa Merasakan EV Terbaru Wuling