First Impression: DFSK i-Auto, Serupa Tapi Tak Sama

Sabtu, 14/03/2020 13:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek mobil asal Tiongkok, DFSK di Indonesia sepertinya semakin serius bermain di segmen SUV (Sport Utility Vehicle).

Setelah kehadiran dua SUV unggulannya, yakni Glory 580 dan Glory 560, DFSK siap menyapa konsumen Tanah Air dengan model barunya yang juga SUV, dinamakan i-Auto.

Model SUV ini sebelumnya pernah tampil di hadapan publik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu sebagai prototipe.

Pada Jumat (13/3/2020), Mobilinanews berkesempatan merasakan impresi pertama dari DFSK Glory i-Auto yang punya tampilan lebih mewah dari dua model SUV sebelumnya ini.

Dimensinya sekilas sama dengan Glory 580, namun tampilan wajah desain barunya ini membuat perbedaan itu menjadi kentara.

Terlihat dari fascia depan yang sangat berubah, Mulai dari grille besar dengan aksen diamond pattern, headlamp LED dengan bentuk rumah lampu lebih sipit. 

Fender roda tampak lebih lebar berkat side fender lebih tebal. Sementara di bagian buritan, cluster lampu belakang juga berubah, meski bentuknya identik dengan bawaan Glory 580. 

Penjelasan yang diberikan DFSK kepada Mobilinanews di sela sesi pemotretan Glory i-Auto di dealer DFSK Pondok Indah, menyebut bahwa SUV ini menggunakan platform baru yang berbeda dari Glory 580.

Meskipun kami perhatikan seluruh lekuk bodinya mulai pilar A hingga C sampai buritan, identik dengan Glory 580.

Yang membedakan hanya tarikan garis area bonnet karena menyesuaikan desain lampu, gril dan bumper depan yang desainnya berbeda total dari Glory 580.

Glory 580 yang lebih dahulu hadir punya dimensi panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715. Sementara perbedaan dari i-Auto hanya di panjangnya yang 4.700 mm, hanya selisih 20 mm.

Lalu jika melirik jarak sumbu rodanya, keduanya sama-sama punya wheelbase 2.780 mm. Jadi, wajar jika nantinya calon konsumen akan menganggap i-Auto dan Glory 580 adalah model yang sama dengan tampilan yang sedikit berbeda.

Serupa tapi tak sama. (anto)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine