Ke Depan, Mobil NASCAR Akan Gunakan Velg Single Nut

Jum'at, 20/03/2020 19:01 WIB

mobilinanews (Amerika Serikat) - Divisi teknis dari penyelenggara balap NASCAR, telah memutuskan regulasi baru untuk musim balap 2021 mendatang.

Pada masanya nanti, mobil NASCAR akan mengalami perubahan dalam hal penggunaan baut pada peleknya.

Seperti dikutip dari professionalmotorsportworld, penyelenggara telah mengesahkan perubahan regulasi tersebut.

Adapun penggunaan satu baut (single nut), dipercaya bukan hanya baik untuk ajang balap tersebut, tetapi juga untuk kepentingan lainnya.

Sebelumnya, pada beberapa dekade, mobil NASCAR secara kontinu menggunakan pelek dengan lima baut.

Namun saat ini, melihat ada hal positif dalam penggunaan single nut, maka mereka merumuskan hal tersebut untuk regulasi tahun depan.

Selain itu, ukuran pelek pun juga ikut dirubah, semula mobil NASCAR menggunakan pelek berukuran 15 inch, namun musim depan pelek yang digunakan adalah berukuran 18 inch.

"Setelah Anda menggunakan pelek 18 inch, maka langkah selanjutnya bagi kami adalah memastikan bahwa dalam kondisi balap, ia akan menerima daya tahan yang kami butuhkan untuk menyelesaikan beberapa balapan, untuk melakukan itu, pelek dengan fitur single nut adalah pilihan yang tepat bagi kami," ujar John Probs, NASCAR Senior VP of Innovation and Racing Development.

Keputusan regulasi tersebut juga menimbulkan banyak kontra.

Tetapi, Probs, tetap bersikukuh bahwa ada sisi positif atas penggunaan pelek dengan sistem single nut tersebut.

Menurutnya, dengan penggunaan single nut, maka akan meningkatkan efisiensi karena mur yang sama kemungkinan akan dipertahankan untuk seluruh balapan.

Sedangkan untuk mur saat ini, akan dilem di atas lubang roda sebelum dipasang ke mobil saat pitstop. Sehingga, mur dapat dilepas dan pitstop menjadi lebih ringkas untuk dilakukan. (hf)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine