Apa Kabar MotoGP 2017 Dan Renovasi Sirkuit Sentul?

Rabu, 09/09/2015 07:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sekarang ini banyak yang bertanya tentang rencana penyelenggaraan MotoGP 2017 dan renovasi sirkuit Sentul. Dua hal yang saling terkait. Tapi sejatinya, belum ada progress yang menggembirakan.

Dalam berbagai kesempatan, H Tinton Soeprapto selaku bos sirkuit internasional itu selalu optimitis bahwa MotoGP 2017 bakal bisa digelar di Sentul.

Bahkan sudah tiga desainer datang ke Sentul atas rekomendasi Dorna untuk membuat desain renovasi sirkuit yang up to date untuk bisa disinggahi event seakbar MotoGP.

Menurut Rio Sarwono, mantan pebalap dan pengamat balap, langkah pertama untuk memuluskan MotoGP Sentul 2017 yakni membayar tanda jadi kepada Dorna.

“Nah, sudah dilakukan nggak itu? Kalau sudah membayar  down payment (DP) yang sekitar 30 persen dari total biaya penyelenggaraan, berarti 50 persen event MotoGP bisa digelar di Sentul,” ujar Rio.

Masalahnya, sampai “dealine tiga bulan” selesai Agustus ternyata belum ada kabar dari Menteri Pariwisata yang sempat begitu optimis ketika bertemu Carmelo Ezpeleta (bos Dorna) pada Mei lalu di Jakarta.

Saat itu Pak Menteri Arief Yahya menebar senyum akan mengambil MotoGP karena multi efeknya bagi industri pariwisata dengan program Wonderfull Indonesia dan bagi ekonomi Indonesia.

Lalu siapa yang akan mengucurkan dana sebesar Rp 250-300 miliar  untuk renovasi sirkuit Sentul?

“Itu juga jadi persoalan. Karena tentu tidak mudah kementerian mengeluarkan dana sebesar itu. Saya usul bikin malam gala dinner, undang para  pengusaha dan bos Agen Pemegang Merek (APM). Nah, mereka diminta masing-masing Rp 10-20 miliar. Kompensasinya, pasang baliho di sirkuit Sentul selama 5 tahun,” ungkap Rio.

Kalau bisa terpasang sekitar 20 baliho di dalam sirkuit Sentul dan sekitarnya, lanjut Rio, itu akan bisa untuk menutupi biaya renovasi sirkuit Sentul.

Kita tunggu saja.  

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!