F1 2020 : Deadline Buat Vettel di Akhir April, Lanjut Apa Tidak di Ferrari

Rabu, 15/04/2020 19:48 WIB

mobilinanews (Italia) - Kapan seri pembuka F1 2020 berlangsung sama sekali tak bisa diprediksi. Tapi, bagaimana nasib Sebastian Vettel di kancah F1 usai 2020 akan ditentukan pada akhir April ini.

Vettel punya 3 opsi: pensiun, pindah tim, bertahan di Ferrari.

Dari nara sumbernya di ring 1 Ferrari, media Italia it.motorsport melaporkan kalau tim elit F1 itu sudah minta Vettel ambil putusan paling lama sampai akhir bulan ini.

Kontrak driver Jerman itu tuntas pada akhir tahun 2020. Perpanjangan untuk 2021 dan seterusnya belum jelas sementara teammate-nya, Charles Leclrec, sudah ikat kontrak hingga 2024.

Dalam ketidakjelasan itu maka berbagai rumor beredar dengan 3 kemungkinan saja: pensiun dari F1, pindah tim (McLaren atau Renault) atau menerima tawaran timnya yang bisa jadi tak sesuai keinginan.

Kabarnya Ferrari sudah punya draft perpanjangan hanya untuk satu musim 2021, tapi itu pun dengan gaji yang lebih kecil dari saat ini.

Sebuah tawaran yang bisa dipersepsikan sebagai cara halus Ferrari mengusir pemegang 4 titel juara dunia itu.

"Saya tak buru-buru ambil sikap dan uang bukan faktor utama," kata Vettel dalam sebuah pernyataan seputar kontrak baru.

Ya, bisa saja ia begitu. Tapi, Ferrari kini harus buru-buru karena tim ini harus bersiap dengan skenario lain jika Vettel menolak kontrak baru.

Ini menyangkut calon penggantinya yang tentunya bukan sekadar pembalap, tapi harus punya predikat top.

Jika Vettel memilih kabur maka Ferrari punya skenario untuk mendapuk Carlos Sainz Jr dari McLaren atau Daniel Ricciardo dari kubu Renault. Mereka yang dianggap tepat menjadi pendamping Leclerc.

Masalahnya, Sainz juga sedang dalam proses negosiasi untuk perpanjangan kontrak dengan McLaren.

Dalam kaitan itulah bisa dipahami mengapa Ferrari menodong Vettel ambil keputusan final pada akhir April ini.

Agar masih punya kesempatan mendapuk Sainz sebelum driver Spanyol putra pereli kawakan Carlos Sainz itu perpanjang kontrak di McLaren.

Hal sama berlaku untuk Ricciardo. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia