MotoGP 2020: Belanda pun Nyerah, Asa Pindah ke KymiRing

Rabu, 22/04/2020 22:01 WIB

mobilinanews (Belanda) - Resmi sudah kalau MotoGP seri Belanda di Sirkuit Assen tak bisa dihelat pada 28 Juni 2020. Belanda menjadi negara kesekian yang menyerah oleh serangan Covid-19.

Negara tetangganya, Jerman, beberapa hari lalu lebih dulu menunda pelaksanaan GP Jerman di Sachsenring. Juga gegara Coronavirus.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte memutuskan larangan kegiatan publik diperpanjang hingga September. Semua event olahraga harus di-reschedule.

Jadwal MotoGP dan WSBK di Assen berikut balap F1 di Sirkuit Zandvoort pun batal atas nama Covid-19.

Dari ketiga event motorsport itu, pengelola Zandvoort pastilah paling kecewa. Mereka sudah menyiapkan berbagai konsep acara untuk menyambut kembalinya F1 ke Belanda setelah 35 tahun absen.

Sampai saat ini belum ada kepastian akan seperti apa nasibnya karena mereka menolak konsep balap tanpa penonton. Alasannya, karena itu tadi, sudah disiapkan perayaan khusus menyambut penantian 35 tahun itu.

"Ada beberapa opsi, tapi semuanya buang-buang waktu saja karena perubahan terjadi demikian cepat," kata CEO Sirkuit Zandvoort, Jan Lammers.

MotoGP Assen sendiri akan di-reschedule oleh Dorna Sport selaku penyelenggara serial MotoGP.

Harapan seri pembuka MotoGP 2020 kini pindah ke Sirkuit KymiRing, Finlandia. Ini salah satu seri yang paling dinanti komunitas balap motor dunia.

Finlandia yang lebih dikenal di kancah balap F1 dan reli mobil, baru musim 2020 ini menjadi  tuan rumah MotoGP.

KymiRing sudah disulap menjadi trek ultra modern dengan kapasitas 35.000 kursi tribun plus 100-an ribu penonton festival.

Seperti Zandvoort, KymiRing juga sudah merancang berbagai acara spektakular menyongsong event perdana MotoGP di bumi Finlandia.

Dijadwal pada 10-12 Juli, jelas masih tanda tanya besar apakah bisa dihelat atau tidak. (rnp)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine