Mobil Transmisi Matik Tidak Kuat Nanjak? Begini Jawaban Pakar

Minggu, 10/05/2020 22:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejak lama mitos yang beredar di kalangan pengendara, mobil bertransmisi otomatis atau matik diidentikkan dengan tidak kuat nanjak.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, mitos ini pun seakan terikikis dengan pembuktian mobil-mobil bertransmisi matik terkini.

Mobil matik enggak kuat nanjak, itu mitos lama,” ujar Hermas Prabowon, founder dan teknisi ahli dari gerai Worner Matik, spesialis transmisi matik.

Informasi ini disampaikannya pada sesi siaran langsung di akun media sosial pegiat otomotif Bang Koboi pada Minggu, 10 Mei 2020 pukul 20.00 WIB.

Menurutnya, baik mobil matik maupun manual punya rasio gigi, baik rasio terendah maupun tertinggi. Dimana keluaran tenaga mobil bertransmisi matik dan manual disebutnya tidak jauh beda.

“Rasio 1 : 2.7 – 1 : 3 kekuatan untuk nanjaknya sama, karena torsinya enggak beda jauh dengan manual, nanjak enggak masalah, torsi gedenya, sehingga putaran mesin jadi relatif rendah,” rincinya.

Sebagai catatan darinya, untuk tipe matik tertentu, terutama jenis CVT (Continuously Variable Transmission) kekuatan nanjaknya tidak lebih baik dari yang jenis matik biasa (AT / Automatic Transmission). 

“Bahkan kurang bagus, karena didesain untuk mobil kota. Kalo pakai CVT buat jalan nanjak ibarat salah kostum. CVT untuk kenyamanan berkendara, perpindahannya lebih halus,” ungkap Hermas.

Menurutnya, kekuatan CVT ada pada aplikasi sabuk baja dan olinya. Dimana sabuk baja tidak sekuat planetary gir atau gigi baja pada jenis matik biasa. 

“Karena konstruksi sabuk baja tidak sekuat gigi baja. Pada intinya matik bisa nanjak,” tutup pria yang punya empat gerai ini, yakni di Bintaro, Bekasi, Cinere dan Semarang. (anto)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!